Inilah 4 Ulama Yang Bisa Menjadi Rujukan Bagi Anda

Syeikh Abdurrauf As-Singkili

 Ini tulisan kedua untuk hari ini setelah sebelumnya saya menulis tentang the butterfly effect. Kami yang biasanya hanya menulis satu tulisan kali ini membahas 4 ulama aceh yang sangat berpengaruh.

Berlainan dari mayoritas provinsi lain di Indonesia, Aceh mempunyai idiosinkrasi sendiri. Semenjak dahulu sampai saat ini, Aceh ialah wilayah kebanyakan mukmin yang saat ini hidup dalam bingkai syariat Islam.

4 Ulama Aceh Berpengaruh

Alibi asal usul membuat wilayah ini mempunyai independensi sendiri. Aceh dikira bagaikan tempat dimulainya penyebaran Islam di Indonesia serta di Asia Tenggara. Asal usul menulis, semenjak dini era ke- 17, Kerajaan Aceh merupakan negeri paling kaya, terkuat, serta termakmur di area Antara Malaka.

Aceh awal diketahui dengan julukan Aceh Darussalam( 1511- 1959). Setelah itu Wilayah Eksklusif Aceh( 1959- 2001), Nanggroe Aceh Darussalam( 2001- 2009), serta terakhir Aceh( 2009- sekarang). Tadinya, julukan Aceh lazim ditulis Acheh, Atjeh, serta Achin.

Semenjak dahulu, Aceh telah telah diketahui bagaikan negara yang melahirkan para orang tua serta malim. Terdapat banyak malim terkenal di Aceh yang kiprahnya amat mempengaruhi. Para malim ini amat dihormati sebab dikira berjasa dalam penyebaran Islam serta ilmu syariat.

Dari banyak malim di Aceh, nyatanya terdapat 4 malim raksasa yang amat mempengaruhi. Riwayat 4 malim ini berasal dari Novel“ Mengerti Wujudiah” buatan Abuya Syeikh Profesor Dokter Tgk H Muhibbuddin Muhammad Waly yang dihimpun‘ Asal usul Aceh’. Selanjutnya julukan serta cerita pendek 4 malim terkenal itu:

1. Syeikh Hamzah Fansuri

Syeikh Hamzah FansuriSyeikh Hamzah Fansuri merupakan figur sufi populer di Aceh. Dia lahir di Fansur Singkil, Aceh. Dia hidup pada era rezim Baginda Alaiddin Riayatsyah IV( 1589- 1604 ataupun 997- 1011 Hijriyah) sampai dini rezim Baginda Iskandar Belia Kekuasaan Alam.

Dia berkelana buat menuntut ilmu sampai ke Jawa, Semenanjung Tanah Jawi, India, Parsi serta Semenanjung Arab. Dia pakar dalam ilmu fiqh, kebatinan, ajaran, kesusastraan, mantiq, asal usul serta lain- lain, dan lancar berbicara Arab, Urdu, Parsi di sisi bahasa Jawi serta Jawa.

Syeikh Hamzah Fansuri serta Syamsuddin Sumatrani ialah 2 figur sufi yang akur serta hidup lebih dulu dari 2 malim terkenal yang lain yang sempat hidup di Aceh, ialah Abdurrauf Singkil Fansuri serta Nuruddin Ar- Raniry.

Baca Juga :   Lessons From The King: Pelajaran Kehidupan dari Sang Guru

Riwayat hidupnya bukan banyak dikenal. Beliau diperkirakan sudah jadi pengarang pada era kerajaan Aceh Baginda Alaiddin Riayatsyah IV. Dia mengatakan Baginda Alaiddin berlaku seperti baginda yang ke- 4 dengan Sayyid Mukammil bagaikan gelarnya. Syahr Nawi menyiratkan dia lahir di tanah Aceh. Kabarnya kerabat Hamzah Fansuri berjulukan Ali Fansuri ialah papa dari Abdurrauf Singkil Fansuri.

Kala pengembaraannya berakhir dari Bersih, Banten, Johor, Siam, India, Persia, Irak, Makkah serta Madinah, buat mencari ilmu maklumat kepada Allah SWT. Beliau kembali ke Aceh serta mengarahkan ilmunya. Awal mula beliau bercokol di Barus, kemudian di Banda Aceh yang setelah itu beliau mendirikan Dayah( madrasah) di Oboh Simpang Kanan Singkil. Di madrasah seperti itu( terdapat yang berkata antara Singkil dengan Rundeng) dia dimakamkan persisnya di suatu pemakaman di dusun itu.

2. Syeikh Syamsuddin As- Sumatrani

Syeikh Syamsuddin As-SumatraniDia merupakan figur malim raksasa serta cerpenis di Aceh. Julukan lengkapnya yakni Syeikh Syamsuddin bin Abdillah As- Sumatrani. Kerap pula diucap Syamsuddin Pasee. Ia merupakan malim raksasa yang hidup di Aceh pada sebagian deka- warsa( 10 tahun) terakhir era ke- 16 serta 3 deka- warsa awal era ke- 17.

Gurunya yakni Hamzah Fansuri serta sempat berlatih dengan Pangeran Sunan Bonang di Jawa. Dia memahami bahasa Melayu- Jawa, Parsi serta Arab. Antara agen ilmu yang dikuasainya yakni ilmu kebatinan, fiqh, asal usul, mantiq, tauhid, serta lain- lain.

Pada era rezim Baginda Alaiddin Riayatsyah IV serta Baginda Iskandar Belia, dia menggenggam kedudukan yang besar dalam Kerajaan Kerajaan Aceh. Dia dilantik bagaikan penasehat pada kedua baginda itu.

Dia pula sempat dinaikan jadi qadi malikul seimbang ialah satu kedudukan yang terdiri dalam Kerajaan Aceh( orang yang kedua berarti dalam kerajaan). Dia mengetuai Gedung Gading( gedung spesial yang di anggotai oleh 7 orang malim serta 8 orang ulee balang), di sisi jadi Syekh pusat pengajaran Baiturrahman.

Sekalipun mengikut faham gerakan kebatinan wahdatul bentuk, tetapi dia legal seimbang dalam melaksanakan hukum- hukum yang difatwakannya. Keterampilannya diakui oleh seluruh pihak tercantum Syeikh Nuruddin. Dia tewas bumi pada tahun 1630 Meter di era Baginda Iskandar Belia. Banyak karangan- karangan dia serta fatwa- fatwa dia. Di antara lain Syarah Ruba’ i Fansuri( penjelasan kepada syair Hamzah Fansuri), serta lain- lain.

Dia merupakan seseorang malim raksasa fiqh serta kebatinan. Seseorang bahariwan nelayan Belanda berjulukan Frederick de Houtman( 1599 Meter atau 1008 H) yang ditawan di Banda Aceh, mengatakan dalam bukunya mengenai Syamsuddin Sumatrani merupakan seseorang Syeikh, penasehat agung raja.

Baca Juga :   Ketentuan Hak Dan Kewajiban Istri Menurut Islam Yang Wajib Kamu Ketahui

3. Syeikh Nuruddin Ar- Raniry

Syeikh Nuruddin Ar-RaniryJulukan lengkapnya yakni Nuruddin Muhammad bin Ali bin Hasanji bin Muhammad Hamid Ar- Raniry Angkatan laut(AL) Quraisyi Asy Syafi’ ie. Beliau meninggal pada 22 Zulhijjah 1069 H atau 21 September 1658 Meter di kota kelahirannya di kota dermaga Ranir( Rander) Gujarat India. Cinta, tahun kelahirannya bukan dikenal dengan cara tentu.

Dia seseorang malim raksasa, pengarang, pakar fikir, serta Syekh Thariqat Rifa’ iyyah di India yang berkelana serta berdiam di Aceh. Beliau lahir dekat medio ke 2 era ke- 16. Pembelajaran awal mulanya dalam permasalahan keimanan beliau dapat di tempat kelahirannya sendiri.

Setelah itu beliau meneruskan pembelajaran ke Tarim, Yaman. Tarim merupakan pusat riset ilmu agama pada era itu. Sehabis menunaikan ibadah haji serta kunjungan ke kober Rasul SAW pada 1621 Meter( 1030 H), beliau kembali ke India.

Sehabis kembali ke India serta membimbing di sisi bagaikan Syekh Thariqat Rifa’ iyyah beliau berkelana ke Nusantara serta memilah Aceh bagaikan tempat berdiam. Beliau tiba ke Aceh sebab mengenali Aceh jadi pusat perdagangan, kultur serta politik dan pusat riset agama Islam di area Asia Tenggara mengambil alih Melaka yang jatuh ke kemampuan Portugis.

Berkah kesungguhannya beliau sukses jadi malim raksasa yang berpengatahuan besar serta terdaftar bagaikan Syeikh Thariqat Rifa’ iyyah serta beraliran Syafi’ i. Ikatan bagus Syeikh Nuruddin dengan Baginda Iskandar Tsani di Aceh berikan kesempatan kepadanya buat meningkatkan anutan yang dibawanya.

Dia sempat menentang faham wujudiyah yang bertumbuh di Aceh pada era itu. Buat melawan faham wujudiyah yang dinilainya menyimpang itu beliau terencana menulis sebagian buku.

Angkatan laut(AL) Quraisyi pada laqab namanya membuktikan beliau dari kabilah terpandang ialah Quraisy. Dia Beliau berthariqat dengan thariqat Rifa’ iyyah membuktikan kalau bukan terdapat perbandingan antara Dia dengan Hamzah Fansuri, Syamsuddin Sumatrani serta Abdurrauf Al- Fansuri. Karena, semaunya bersama pengikut thariqat suffiyah serta beraliran Pemimpin Syafi’ i.

4. Syeikh Abdurrauf As- Singkili

Syeikh Abdurrauf As-SingkiliDia merupakan salah satu dari 4 malim terkenal yang sempat lahir di Aceh pada era ke- 17. Sebaliknya 3 malim yang lain merupakan Syeikh Hamzah Fansuri, Syeikh Syamsuddin Sumatrani serta Syeikh Nuruddin Ar- Raniry. Para pakar asal usul berspekulasi kalau beliau lahir dekat 1615 Meter( 1035 H) di Singkil yang terdapat di pucuk sangat selatan tepi laut barat Aceh, sekampung dengan Syekh Hamzah Fansuri serta pula putera dari kerabat Syeikh Hamzah Fansuri sendiri.

Baca Juga :   Perawatan untuk Kulit yang Kering

Beliau berkembang serta bertumbuh bagaikan calon malim di Aceh pada era negara itu lagi terletak dalam pucuk kesuksesan di dasar arahan sultannya yang terbanyak, Baginda Iskandar Belia.

Buat memperdalam wawasan agamanya, beliau pergi ke Saudi Arabia dekat tahun 1643 Meter( 1064 H) pada dikala negara Aceh dipandu oleh Sultanah Safiatuddin yang terletak dalam kekalutan politik serta antagonisme mengerti keimanan.

Syeikh Abdurrauf bukan lekas langsung mengarah Mekkah, tetapi terlebih dulu tinggal pada banyak tempat yang jadi pusat- pusat pembelajaran agama di sejauh rute ekspedisi haji. Sehabis dia hingga di Mekkah serta Madinah dia memenuhi ilmu lahir( ilmu Al- Qur’ an, pengertian, hadits, fiqh) yang sudah dipunyanya serta dilengkapi juga dengan ilmu, ialah kebatinan serta thariqat.

Sehabis berlatih di Madinah pada Syeikh Thariqat Syatthariyah Ahmad Angkatan laut(AL) Qusyasyi( meninggal 1661 Meter atau 1082 H) serta setelah itu pada khalifah ataupun penggantinya IbrahimAlqur’ ani, dia mencapai sertifikat dari arahan thariqat itu.

Banyak guru- guru raksasa yang membagikan sertifikat ilmu wawasan pada Dia sepanjang 19 tahun menuntut ilmu. Kala kembali ke Aceh, Syeikh Abdurrauf jadi malim raksasa yang mempunyai ilmu yang besar. Bagi ditaksir para pakar dekat tahun 1662 Meter( 1083 H), peranannya bagaikan guru thariqat Syatthariah sudah dimulainya di Madinah, menjelang kembali ke Aceh.

Dia membimbing di Kuala ataupun Ambang Krueng Aceh hingga meninggal di wilayah itu pada tahun 1693 Meter( 1105 H). Sebab membimbing serta meninggal di Kuala Aceh beliau setelah itu diketahui oleh warga Aceh dengan gelar Syiah Kuala.

Tidak hanya membimbing beliau pula melaksanakan tugasnya bagaikan mufti kerajaan Aceh Darussalam pada era rezim Sultanah Safiatuddin( 1641- 1675 Meter). Banyak karangan dia bagus dalam ilmu pengertian serta buku pengertian awal yang diperoleh di Indonesia serta ilmu- ilmu lain.

Tinggalkan Balasan