Cara Memutihkan Gigi dan Penyebab Gigi Kuning

Cara memutihkan Gigi, Tersenyum merupakan salah satu hal yang sangat berharga untuk hidup anda, ungkap charlie chapline. Namun bagaimana jika kamu memiliki gigi yang berwarna kuning, Kamu tentu tidak ingin hal tersebut terjadi untuk anda kan, Berikut ini hal yang kamu butuhkan untuk melindungi kamu dan membuat gigi anda terlihat sehat dan putih. Kesehatan gigi anda juga terlihat dari warna gigi anda.

Memang benar jika langkah paling mudah dan paling cepat untuk menyingkirkan noda gigi atau merubah warna yaitu dengan berkunjung pada dokter gigi. Biasanya para dokter gigi menggunakan strip pemutih gigi spesial dan cairan yang bisa membasmi noda pada gigi dengan cepat. Akan tetapi, cara tersebut tidaklah sehat bagi gigi anda dalam kurun waktu yang panjan. ada banyak cara yang bisa untuk memutihkan gigi dengan cara yang lebih murah dan efektif untuk anda coba di rumah. dan cara ini tidak memerlukan biaya yang cukup besar serta hanya tidak berbahaya untuk gigi anda. dan cukup cepat untuk memutihkan gigi anda.

Anda ingin tau caranya, sebelum kita membahas tentang cara memutihkan gigi dengan sehat dan cepat, kita akan bahas terlebih dahulu apa saja hal yang menyebabkan gigi menjadi kuning, berikut pembahasanya.

Penyebab Gigi Menjadi Kuning

Pada masa kita mengalami awal kemunculan gigi pada gusi kita, gigi memiliki warna yang putih, namun seiring berjalanya waktu warna gigi juga akan mengalami beberapa perubahan karena banyak hal.

Dengan biologi, Warna putih pada gigi kita merupakan susunan transparansi enamel gigi. sedangkan warna susunan dentin pada bagian dalamnya memiliki warna dari susunan yang terdapat di bagian pada dentin dan enamel.

Menurut penelitian mengungkapkan jika warna kulit pada gigi bisa berubah karena noda yang di sebabkan oleh sesuatu dari dalam ataupun dari luar area gigi. Berikut ini beberapa penyebab gigi menjadi kuning :

1. Faktor usia yang terus bertambah

Penyebab yang pertama yaitu karena bertambahnya usia gigi bisa berubah warna menjadi kuning, dan juga merupakan hal alami yang menyebabkan sistem penuaan diri di bagian badan kita.

Hal tersebut terjadi karena susunan pelindung putih yang kuat pada gigi (enamel) yang semakin memudar seiring berjalanya waktu sesuai dengan keperluan pada usia kita.

2. Cara Menyikat Gigi Yang Salah

Ada baiknya di sarankan untuk setiap manusia untuk menyikat gigi 2 kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi hari dan pada malam hari sebelum tidur.

Akan tetapi, Perlu di ingat jika kamu sudah benar dalam menyikat gigi dengan ketentuan dan himbauan dari beberapa pakar kesehatan gigi?

Hal tersebut bisa juga menjadi salah satu penyebab gigi kuning, karena sisa dari makanan yang tidak bersih dengan detail dan membawa dampak gigi menjadi kuning karena noda. Oleh sebab itu, kamu harus mempelajari dengan benar cara menyikan gigi yang baik agar gigi tidak menjadi kuning.

3. Merokok

Tidak heran lagi kalau merokok merupakan penyebab paling utama gigi menjadi kuning. Kandungan nikotin yang terdapat pada rokok menjadi hal terpenting yang membuat gigi menjadi kuning. Jadi bagi anda yang tidak ingin mempunyai gigi kuning, cobalah untuk menghindari kebiasaan merokok. Karena rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan anda.

4. Mengonsumsi Teh dan Kopi

Kopi dan teh merupakan dua minuman yang menjadi keseharian warga indonesia untuk di konsumsi. Akan tetapi, kedua minuman tersebut merupakan salah satu penyebab gigi menjadi kuning.

Penyebab utama gigi kuning dari kedua minuman tersebut yaitu kandungan tanin yang bisa mengubah warna susunan terluar pada gigi atau enamel.

Memang benar, meminum teh dan kopi tidaklah terlalu beresiko untuk kesehatan gigi dan gusi. Akan tetapi ada baiknya jika anda mulai mengurangi jumlah konsumsi teh dan kopi.

5. Mengonsumsi Alkohol

Minuman yang mempunyai kandungan alkohol tidak hanya berdampak pada kesehatan badan kita saja, namun juga sangat berdampak pada kesehatan dan kebersihan gigi. Oleh sebab itu, mulailah untuk berhenti mengomsumsi minuman yang mempunyai kandungan alkohol dan mulailah membersihkan gigi dengan rutin agar gigi menjadi bersih seperti yang anda harapkan.

Untuk selanjutnya kita akan memberikan langkah untuk memutihkan gigi dengan cara alami.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Alami

Meskipun perubahan warna pada gigi kita bisa disebut susah di jauhi, akan tetapi ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan warna gigi yang putih dengan alami. Kebanyakan orang menggunakan layanan beberapa pakar kecantikan dan kesehatan untuk memutihkan gigi dan tidak sedikit juga biaya yang di keluarkanya.

Namun hal tersebut kembali pada pilihan masing masing pihak, Akan tetapi bagi anda yang ingin memutihkan warna gigi namun tidak ingin mengeluarkan banyak uang tidak perlu kwatir, langkah alternatif ini mungkin bisa menjadi jalan keluar paling tepat untuk anda gunakan. Berikut ini cara memutihkan gigi yang bisa anda lakukan sendiri dengan bahan alami :

1. Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Siwak

Mungkin bahan alami yang berikut ini sudah tidak asing lagi untuk kebanyakan orang di indonesia Sebab siwak yang kita tahu ini sangat bermanfaat untuk membersihkan gigi kuning. Arti kata siwak sendiri disini yaitu dahan atau area pohon siwak tersebut. Siwak sendiri sudah lama menjadi salah satu bahan alami yang bisa di gunakan untuk melindungi kebersihan dan warna putih alami pada gigi.

Suatu pengamatan arkeologis juga sudah menemukan jika siwak sudah di gunakan pada zaman peradaban kuno mesir. Tidak hanya itu saja, umat islam pastinya sudah sangat tahu dengan bahan yang satu ini, sebab nabi Muhammad SAW sudah menggunakan siwak untuk membersihkan giginya. Berikut ini langkah penggunaan siwak untuk membersihkan gigi dan sekaligus mengikis noda pada gigi :

1. Pilihlah siwak yang mempunyai struktur lembut, siwak yang mempunyai truktur lembut biasanya terdapat pada bagian batang dan akar tanaman.

2. Haluskan siwak itu sampai menjadi halus.

3. Lalu campurkan dengan sedikit air dan aduk sampai menjadi pasta.

4. kemudian usapkan pada gigi, Bersihkan dan berkumur setelah 5 menit.

Lakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam satu minggu untuk mendapat hasil yang maksimal dalam memutihkan gigi.

2. Cara Untuk Memutihkan Gigi dengan Cuka Apel

Hasil dari olahan buah apel ini memang sangat banyak memiliki fungsi digunakan menjadi bahan kesehatan dan kecantikan, seperti di antaranya mengikis bekas jerawat, menghilangkan komedo, hingga mengusir ketombe yang membandel pada kulit kepala kita.

Cuka Sari apel mempunyai kandungan asam enteng yang bisa menghilangkan noda kuning pada gigi anda dan membuatnya lebih putih dengan penggunaan yang teratur.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan setengah sendok teh cuka Sari apel dan segelas air.

Selanjutnya, campur kan cuka ke dalam air dan aduk hingga rata.
Lalu gunakan air tersebut untuk berkumur sebelum anda menyikat gigi.

Lakukan Cara ini dengan rutin sebanyak dua sampai tiga kali dalam satu minggu di pagi hari.

3. Baking Soda dan Jus Lemon Untuk Memutihkan Gigi

Baking soda mengandung kandungan sodium bikarbonat, baking soda merupakan bahan umum yang biasa ditemukan yang digunakan untuk bahan masakan. Baking soda bisa juga digunakan untuk membasmi noda pada permukaan gigi. Baking soda juga memiliki bentuk yang basa yang bisa digunakan untuk mengurangi keasaman di dalam.

Jus lemon memiliki rasa yang asam dan bermanfaat untuk membantu mengurangi Perubahan warna pada gigi, lemon juga bisa digunakan sebagai antiseptik alami.

Cara perawatannya sangat mudah, siapkan satu sendok sendok baking soda, satu sendok air jeruk nipis atau lemon, dan sikat gigi.

Campuran baking soda dan jus lemon.
Lalu gosok kan campuran tersebut pada gigi anda.
Lalu Diamkan selama 2 sampai 3 menit, jangan biarkan campuran tersebut melekat Terlalu lama pada gigi anda, kemudian
Cuci mulut Anda dengan air bersih.

Lakukan cara ini dengan teratur, sebanyak 2 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Pisang

Kulit pisang memiliki kandungan mineral diantaranya kandungan mangan dan potasium yang membantu Anda memutihkan gigi dengan alami dan permanen.

Cara penggunaannya cukup mudah, siapkan
Kulit pisang lalu potong hingga menjadi potongan kecil.
Gunakan potongan disebut dan Gosokkan pada gigi Anda. Gosok secara perlahan selama satu sampai dua menit.
Lalu bilas mulut dengan air bersih.

Lakukan langkah ini dengan teratur, sebanyak satu kali dalam sehari, sampai gigi anda terlihat putih bersih.

5. Cara Memutihkan Gigi dengan Minyak Kelapa

Kamu mungkin berpikir sedikit aneh karena minyak kelapa biasa digunakan untuk kesehatan kulit dan rambut. Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa membantu mengurangi bakteri penyebab plak gigi.

Minyak kelapa juga bisa digunakan menjadi salah satu bahan untuk mengurangi bau mulut dan melindungi nafas kita agar tetap segar.

Cara pemakaianya cukup mudah, siapkan minyak kelapa organik, lalu gosokan minyak kelapa pada gigi dan jari. Dan bilas dengan bersih serta diikuti dengan menyikat gigi.

Lakukan langkah ini dengan teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

6. Cara Memutihkan Gigi dengan Minyak Jeruk

Minyak esensial jeruk berasal dari kulit buah. Jeruk mengandung khasiat yang bisa membantu untuk memutihkan gigi, karena minyak esensial memiliki manfaat antijamur dan tingkatan kesehatan gusi.

Cara pemakaianya cukup mudah, siapkan 2-3 tetes minyak esensial jeruk, pasta gigi, dan sikat gigi.

Langkah pertama oleskan sikat gigi pada minyak jeruk dengan pasta gigi, lalu sikat gigi anda seperti biasa sampai bersih.

Lakukan langkah tersebut secara teratur setiap pagi hari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

7. Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Arang

Arang memiliki sifat aktif yang bisa menyerap kotoran dan bisa memutihkan kulit dengan efektif dan cepat. Arang juga bermanfaat untuk menhindari gigi berlubang, memelihara gigi dan gusi.

Anda hanya perlu menyiapkan arang aktif bubuk, dan sikat gigi.

Cara penggunaanya cukup mudah, basahi sikat gigi dan masukan ke dalam arang bubuk, sikat gigi kamu dengan gerak melingkar lembut selama 2 menit.
Kemudian bilas mulut anda dengan air bersih.

Lakukan langkah ini 1 sampai 2 kali dalam seminggu.

8. Cara Memutihkan Gigi dengan Peroksida

Hidrogen peroksida merupakan zat pemutih yang sangat baik untuk memutihkan gigi dengan alami.

Caranya sangat mudah, yaitu anda hanya perlu menyiapkan 1 cangkir hidrogen peroksida, 1 cangkir air suling.

Cara penggunaanya encerkan hidrogen peroksida dengan air, berkumur dengan larutan tersebut selama 30 sampai 40 detik dan keluarkan. Kemudian bilas mulut anda dengan air bersih.

Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam satu minggu, untuk mendapat hasil yang maksimal.

Jangan coba untuk menelan larutan tersebut saat berkumur. dan jangan lakukan cara ini setiap hari cukup dua kali dalam seminggu.

9. Cara Memutihkan Gigi dengan Garam dan Lemon

Khasiat pemutih alami dari jus lemon mengurangi noda kuning dari gigi, dan garam bisa di gunakan sebagai exfoliant lembut. dan juga menghilangkan noda yang ada di gigi.

Caranya cukup mudah, siapkan 1 sendok teh garam, sikat gigi, dan 2 sendok jus lemon.

Cara pemakaianya yaitu campurkan jus lemon dan garam, lalu gunakan sebagai pasta gigi, kemudian Sikatkan gigi anda seperti biasa dan berkumur dengan air bersih.

Lakukan langkah ini sebanyak 2 kali dalam satu minggu, untuk mendapat hasil yang maksimum.

10. Cara Memutihkan Gigi dengan Kunyit

Kunyit mempunyai sifat yang abrasif enteng yang bisa di gunakan untuk mengikis noda kuning pada gigi. Membuat gigi dan gusi anda lebih kuat dan terhindar dari mikroba yang tidak sehat.

Untuk bahanya siapkan 1/8 sendok bubuk kunyit, dan sikat gigi.

Cara penggunaanya yaitu Taburkan setengah bubuk kunyit pada sikat gigi dan gosokan pada gigi anda, biarkan selama 2 sampai 3 menit dan cuci mulut anda sampai bersih. Kemudian sikat gigi anda dengan pasta gigi biasa.

Untuk pemakaian 1 kali bisa langsung memberikan hasil yang efektif, lakukan cara ini kembali setelah beberapa waktu apabila dibutuhkan.

Reply