Penyebab dan Cara Mengecilkan Perut

Penyebab dan Cara Mengecilkan Perut

Setiap orang pasti tidak ingin mempunyai perut buncit, di jaman terknologi modern ini semakin banyak saja orang yang mengalami gejala perut buncit. banyak juga dari mereka yang kesulitan untuk mencari solusi untuk mengatasi perut buncit yang mengganggu penampilan mereka.

Perut buncit bisa saja terjadi dengan sangat mudah, hal itu terjadi karena perut berada di antara sisi badan yang meiliki elastisitas tinggi dan tempat paling mudah menempelnya lemak.

Pada dasarnya perut buncit tidak hanya dimiliki oleh orang yang mengalami gejala obesitas atau berat badan berlebih. Banyak juga orang yang mempunyai badan seimbang atau kurus juga bisa mengalami gejala perut buncit.

Mempunyai perut buncit juga bisa mengurangi penampilan anda jadi kurang menarik. bahkan kamu bisa di kira seperti orang hamil hamil. anda tidak ingin kan punya perut buncit. tidak hanya mengurangi penampilan saja, banyak hal buruk lainya yang di sebabkan oleh perut buncit,Tidak heran apabila sudah teranjur buncit, banyak orang yang ingin sekali mencari cara untuk mengecilkan perut mereka kembali. perut buncit juga berdampak buruk bagi kesehatan.

Sebuah riset menunjukan jika seseeorang yang menderita penyakit stroke, diabetes dan serangan jantung pada dasarnya terjadi karena perut buncit yang sudah kritis.

Penyebab Terjadinya Perut Buncit

Penyebab perut buncit terjadi karena banyak hal. Bahkan terkadang penyebab penyebab tersebut terjadi dengan sadar, namun ada juga yang terjadi tanpa kita sadari. Untuk menjaga bentuk badan tetap bagus bukanlah perkara yang mudah. Kita harus menjaga gaya hidup yang sehat dan harus mempunyai dedikasi yang tinggi. berikut ini beberapa hal yang menyebabkan terjadinya gejala perut buncit.

1. Tidak Sering Melakukan Kegiatan Berolahraga

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya perut buncit. Salah satu penyebab nya yaitu anda seringkali melupakan kegiatan olahraga sampai lemak yang ada di tubuh anda menimbun karena otot-otot di bagian tertentu tidak sering digunakan untuk melakukan pembakaran lemak dan kalori yang berlangsung disana sangat minimum.

Tentu hal tersebut juga semakin membuat perut membuncit. Lebih lagi jika kamu hanya melakukan kegiatan duduk, makan ,bekerja di hadapan komputer, dan handphone yang di lakukan setiap harinya.

2. Banyak mengonsumsi makanan ringan

Walaupun terlihat sepele, Banyak mengonsumsi makanan ringan bisa sangat memicu terjadinya perut buncit. Hindarilah makanan-makanan ringan yang banyak mengandung pemanis buatan dan bahan perasa makanan yang berlebih.

makanan ringan atau camilan banyak mengandung pemanis atau perasa buatan dan juga bahan kimia yang tidak di olah dengan baik oleh sistem pencernaan anda. Hal itu juga pasti akan membuat usus kita terganggu

3. Makan sebelum Tidur

Mungkin kamu sering mengalami rasa lapar sebelum tidur dan merasa tidak bisa tidur karena lapar, pada dasar nya badan mengalami proses alami pembakaran lemak pada saat kita tertidur, namun jika anda tertidur dalam kondisi perut kenyang maka badan tidak akan melakukan pembakaran lemak dengan efektif. Hal tersebut justru akan menaikan timbunan lemak di perut.

Tidak hanya makan sebelum tidur saja, ada pula berbaring ketika perut dalam keadaan penuh bisa dapat menyebabkan resiko terkena serangan refluks asam lambung dan masalah pencernaan. Hal tersebut terjadi karena perubahan gravitasi, sampai badan tidak dapat menarik makanan di perut menuju ke bawah.

Maka dari itu , jangan memakan sesuatu yang mengenyangkan sebelum tidur, Setidaknya antara dua sampai tiga jam sebelum tidur. dan jangan juga berbaring setelah makan. Jika memang merasa lapar sebelum tidur, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu berat, seperti buah-buahan yang sudah pasti menyehatkan.

4. Begadang atau Kurang Tidur

Orang dewasa memang harus memperoleh tidur yang cukup, kurang lebih sekitar 7 sampai 8 jam setiap harinya. Pada saat kamu kurang dari jam itu, jadi tingkat kortisol ( hormon stres) juga akan bertambah dan mengakibatkan kamu mengomsumsi makanan dengan tingkat gula yang berlebih untuk merubah tenaga yang tidak di dapat karena kurang tidur.

5. Minuman Beralkohol

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol merupakan salah satu penyebab perut buncit. Minuman yang mengandung alkohol tidak hanya untuk mabok-mabokan saja, namun juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang tidak hanya menyebabkan perut buncit.

Alkohol mempunyai kandungan gula yang sangat tinggi dan kalori yang sangat banyak atau berlebih untuk kebutuhan badan. Kegunaan gula dan kalori tentu tidak ada manfaatnya untuk badan. Tapi justru bisa membuat banyak penyakit yang ada di badan kita.

Apabila kamu sudah terlanjur menjadi pecandu alkohol, mulai sekarang coba kurangi kebiasaan tersebut untuk menjaga kesehatan anda agar tidak terganggu.

6. Merokok

Kebiasaan merokok memanglah dapat mengurangi berat badan, akan tetapi hal tersebut bisa juga menyebabkan perut buncit. Biasanya orang beralasan jika mereka merokok karena takut gendut.

Sebuah riset menyatakan argumen yang seperti itu justru sebaliknya. Bukanya menjadi kurus, justru perut menjadi buncit. Ilmuan dari University of Glasgow menemukan jika merokok bisa saja mengurangi berat badan, akan tetapi hal itu sesungguhnya menyebabkan lemak terdorong menuju daerah inti tubuh yang mengakibatkan perut menjadi semakin membesar atau buncit.

7. Kebiasaan Makan yang Terlalu Terburu-buru

Menurut sebuah penelitian yang di publikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, Seorang yang makan dengan cara terburu-buru cenderung mempunyai berat badan yang di atas normal atau obesitas.

Hal tersebut terjadi karena tubuh memerlukan waktu untuk memberitahu otak jika makanan yang di konsumsi sudah cukup. Ketika Makan dengan terburu-buru, kamu akan mengonsumsi lebih banyak makanan dari yang di perlukan oleh tubuh sebelum perut merasa kenyang.

8. Kurangnya Mengonsumsi Air Putih

Kurang minum air putih akan membuat kamu merasa haus. Menariknya, Rasa haus itu bisa di salah artikan oleh tubuh menjadi rasa lapar sehingga kamu akan lebih banyak mengonsumsi makanan.

9. Terlalu Banyak Duduk

Terlalu banyak duduk dan kurangnya aktivitas juga bisa berdampak buruk dan membuat perut menjadi buncit, Walaupun tidak terlihat berbahaya, menurut penelitian menunjukan jika orang yang terlalu banyak duduk akan cenderung mempunyai berat badan yang berlebih.

Menurut survey yang di berikan kepada 600,000 orang, para ahli juga menemukan fakta jika orang dewasa yang duduk lebih dari 10 jam dalam sehari mempunyai resiko 34 persen lebih tinggi terkena penyakit kronis dan kematian dini.

10. Terlalu Sering Merasa stres

Kortisol merupakan hormon yang di produksi oleh kelenjar adrenal dan di kenal sebagai hormon stres sebab membantu tubuh merespon stres. Faktor stres tinggi pengaruhnya terhadap kenaikan berat badan sampai menyebabkan penumpukan lemak di perut. Kebanyakan orang ketika mengalami sters, nafsu makan akan terus meningkat lebih lagi ketika makan makanan manis.

11. Terlalu Banyak Mengonsumsi Jus Buah

Buah-buahan memang sangatlah baik bagi tubuh. Akan tetapi terlalu sering mengonsumsi jus buah akan berdampak membuat kamu semakin gemuk dan mempunyai perut buncit. Karena, otak tidak akan mencatat kalori yang di dapat dari minuman dengan cara yang sama dengan mencatat kalori dari makanan. Berarti kamu akan cenderung mengonsumsi makanan lagi walaupun sudah minum jus buah yang biasanya sudah banyak mengandung gula.

12. Kurangnya Mengonsumsi Makanan Yang Berserat

Kurangnya mengonsumsi makanan yang berserat juga bisa membuat kamu semakin gemuk. Karena, serat bisa menolong mengendalikan nafsu makan kamu, sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.

Tips Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Sesudah kita mengetahui hal apa saja yang daat menyebabkan perut buncit, sekarang kita akan membahas tentang bagaimana cara mengecilkan perut buncit. mulai dari olahraga hingga menggunakan cara tradisional.

1. Cardio

Cardio merupakan olahraga yang melibatkan hampir semua bagian tubuh seperti lari, bersepeda, berenang, dan yang lainya. dengan melakukan olahraga ini, otot-otot di badan kita akan bekerja dari bagian otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

2. Yoga

Yoga juga termasuk salah satu olah raga yang bertujuan untuk kemampuan, kelenturan, dan saraf pernafasan. Sebuah riset dari india menunjukan yoga sangat meng untuk mengikis gas berlebih di perut, dan juga memperlancar pencernaan serta mengurangi lipatan di perut.

Melatih dan menyesuaikan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks juga akan meningkatkan badan mengeluarkan hormon yang bisa membantu sistem pembakaran lemak pada badan dengan efektif.

lakukanlah latihan yoga selama 10 sampai 20 menit setiap hari agar badan bisa melakukan system metabolisme dengan maksimal.

3. Sit-up dan Push-up

Olahraga sederhana yang lain yang bisa mengecilkan perut buncit yaitu sit-up dan push-up. Lakukan olahraga ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lakukan dalam sehari sekitar 10 sit-up dan 10 kali push-up. Naikan intensitas Latihan setiap harinya. Olahraga sit-up dan push-up bisa membantu anda mengecilkan perut dalam waktu yang cukup singkat sebab bisa mengikis lemak di perut.

Waktu yang pas untuk melakukanya yaitu di waktu pagi hari, sangat berguna untuk mengontrol nafsu makan sebab membuat dampak mudah kenyang.

4. Mengonsumsi Teh Hijau

Kandungan khasiat pada teh hijau sangatlah banyak. Sejak dulu teh hijau di gunakan sebagai langkah untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit yang sangat efektif.

Untuk mendapat manfaat teh hijau dengan maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur pada saat sebelum makan. Dan minumlah teh hijau tanpa campuran gula. Dengan kamu meminumnya sebelum makan, maka akan membuat kamu cepat merasa kenyang, dan tetntu mengurangi jumlah makan anda.

5. Mengonsumsi teh jeruk nipis

Tidak hanya dengan teh hijau, kamu bisa juga menggunakan teh biasa yang di campurkan dengan perasan jeruk nipis. hanya dengan sekantung teh dan satu buah jeruk nipis, dan satu gelas air panas. seduh teh dan campuran perasan jeruk nipis ke dalamnya. minumlah dengan teratur.

6. Mengonsumsi Madu dan Jahe

Madu dikenal memiliki banyak manfaat untuk menghindari dan menyembuhkan sebagian penyakit. Madu juga bisa digunakan untuk mengecilkan perut buncit. Madu mempunyai kandungan zat yang sangat efektif untuk membakar lemak badan secara tidak langsung atau fruktosa.

Dan untuk jahe,bisa dengan alami menghimpit nafsu makan, Kamu bisa mengurangi konsumsi makan dengan mudah karena bisa mengurangi rasa lapar.

Cara pembuatanya sangat lah mudah . Cukup canmpurkan 3 sendok makan madu dan 2 sendok perasan jahe ke dalam gelas dan di seduh dengan air panas. minumlah 2 kali dalam sehari.

Cara yang mudah selanjutnya untuk mengurangi perut buncit yaitu dengan diet. Diet yang di magsud bukanlah diet yang ketat. Dan juga bukanlah diet yang mengurangi jumlah makan yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali atau bahkan 1 kali. diet yang dimagsud yaitu mengatur alur makan. baik dari sisi saat, model makanan, dan jumlah makanan.

7. Banyaklah mengonsumsi bauh-buahan dan sayur-sayuran

Sayur dan buah merupakan makanan yang rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat.

Kandungan yang tinggi ini juga akan membantu mengikat air sampai pencernaan bisa berjalan semakin baik agar bisa melarutkan lemak.

Sebuah studi Menyatakan jika mengonsumsi 14 gram serat setiap hari bisa menurunkan konsumsi kalori sebesar 10% dan mengurangi 4% lemak di perut.

8. Mengurangi Makanan Untuk Takaran Gula yang Tinggi

Terdapat dua macam gula yang terdapat pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. fruktosa hanya bisa di metabolisme dalam hati dengan ukuran yang spesifik.

Apabila kamu mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi, Hati kamu tidak akan mampu untuk memetabolisme semua fruktosa dan hanya akan merubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.

9. Jangan Makan Sebelum Tidur

Salah satu penyebab perut buncit seperti yang telah di terangkan di atas yaitu tidur setelah makan. Oleh sebab itu jauhilah makan ketika mau tidur. Diperlukan waktu 2 jam untuk makanan untuk di olah.

Tidak adanya aktifitas setelah makan dan tidur hanya akan membuat kalori yang ada di dalam tubuh di ubah menjadi lemak bukanya menjadi daya.

10. Circuit Training

Jika anda ingin membentuk otot sekaligus membakar lemak, lakukanlah sirkuit tiga kali sekali dalam seminggu. Lakukan latihan lunges, push up, pull up selama 15 menit setiap latihan. Jangan lupa untuk menambahkan juga latihan lompat tali setiap latihan. Dan pastikan jika kamu sudah membakar sebanyak 500 sampai 600 kalori setiap latihannya.

11. Mengonsumsi Smoothie Semangka

Semangka banyak akan nutrisi, termasuk juga likopen yang dapat melawan kanker. Buah yang satu ini juga bnayak mengandung air dan asam amino arginin. Arginin bagus untuk menurunkan lemak tubuh. Semangka paling nikmat apabila dibuat smoothie, akan tetapi jangan menambahkan gula.

Cara Menghancurkan Lemak di Perut Dalam Waktu 3 Hari

Anda hanya perlu memanfaatkan waktu 3 hari dalam seminggu untuk menghindari gula, garam, pasta dan makanan berkalori tinggi lainnya. Seperti makanan yang di olah seperti kripik, makanan yang di goreng, daging olahan dan minuman bersoda.

Berikut panduan dari hari pertama sampai hari ketiga.

Hari Pertama

Apabila kamu termasuk orang yang biasa mengkonsumsi menu sarapan dengan nasi, mulai sekarang ada bagusnya kamu mengganti menu hanya dengan telur rebus, dua tomat dan secangkir teh hijau tanpa gula.

Lalu, untuk makan siang sebaiknya anda hanya mengkonsumsi dua putih telur, 120 gram ikan panggang atau rebus, dan segelas teh hijau. jika kamu termasuk orang yang suka ngemil, lebih baik makan lah satu buah apel untuk menggantikan cemilan anda.

Kemudian untuk makan malam, kamu bisa menyiapkan menu makanan sayuran yang di kukus seperti brokoli, kembang kol, wortel, kacang polong, dan kacang hijau, serta siapkan secangkir teh hijau.

Hari Kedua

Pada hari kedua tidak jauh beda dengan hari pertama, kamu bisa menyiapkan dua telur rebus, satu buah pisang, dan secangkir teh hijau. Kemudian, untuk makan siang siapkan dua putih telur, 120 gram ayam rebus tanpa kulit, dan segelas teh hijau.

Untuk makan malam, siapkan menu yang sederhana saja seperti 120 gram keju cottage, satu biskuit, serta secangkir susu murni.

Hari Ketiga

Jangan merasa bosan dengan menu tersebut karena di hari ketiga masih dengan bahan yang sama yaitu dua telur rebus dan buatlah segelas jus tomat.

Sedangkan untuk makan siang, kamu kamu hanya perlu mengonsumsi dua putih telur, 120 gram daging merah yang matang dan secangkir teh hijau.

Lalu untuk makan malam anda hanya perlu mengonsumsi dua kentang panggang, salad hijau dan segelas teh hijau.

Cobalah cara ini di jamin lemak yang ada di perut anda akan hilang.

Cara Mengecilkan Perut Untuk Wanita Setelah Melahirkan

Masa kehamilan merupakan suatu yang sangat membahagiakan yang sangat diinginkan oleh setiap pasangan, merupakan kebahagiaan tersendiri jika bisa hamil dan melahirkan bayi dengan lancar dan natural.

Namun setelah tahap melahirkan kebanyakan wanita mengeluh, bagaimana cara negecilkan perut setelah melahirkan, setelah mengandung bayi selama sembilan bulan.

Namun tidak perlu khawatir berikut ini cara mengecilkan perut setelah melahirkan yang bisa ibu lakukan.

Menyusui

Untuk para ibu di anjurkan untuk memberikan asi untuk bayi yang baru dilahirkanya, karena menyusui bisa memenuhi asupan gizi bayi, dan juga bisa mengurangi 500 kalori dalam tubuh yang tentu saja bisa untuk mengecilkan perut.

Olahraga Ringan (Senam)

Kegiatan olahraga ringan dilakukan untuk bertujuan mengencangkan kembali otot yang sudah lama kendor.

Latihan Otot Perut

Cara mengecilkan perut sehabis melahirkan dengan cara ini yaitu menarik perut ke bagian perut dalam dengan mengontraksikan pada otot perut, lalu di tahan sampai beberapa menit.

Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis biasa di gunakan untuk bahan penyedap makanan, tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, namun kayu manis juga bisa digunakan untuk cara mengecilkan perut sesudah melahirkan. Berikut caranya :

Rebus 2 liter air dengan 2-3 inci kayu manis dan 2-3 cengkeh selama 5-10 menit.
Lalu minumlah air rebusan tersebut selama masih hangat, lakukan secara rutin 40 hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Gunakan korset

Memakai korset setelah melahirkan membantu mengurangi pembengkakan serta menunjang otot dan jaringan perut kembali normal.

Kamu bisa memakai korset praktis, atau dengan kain khusus melilit perut terus menerus selama 3 bulan setelah melahirkan.

Mengatur Pola Makan

Cara mengecilkan perut sesudah melahirkan berikutnya yaitu membiasakan makan dengan porsi yang terbatas namun frekuensi yang lebih teratur. Cara mengecilkan perut dengan cara ini cukup efisien dan efektif. jika dilakukan secara rutin dengan bertujuan untuk mengurangi terjadinya penumpukan lemak dan kalori.

Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayur yang pas untuk mengecilkan perut seperti brokoli, kubis, kembang kol, dan buah-buahan seperti jeruk, lemon, mangga dan pepaya yaitu makanan sehat yang mengadung khasiat fitronutrisi untuk menghancurkan lemak perut.

Reply