11 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Komedo merupakan salah satu penyakit kulit yang terjadi akibat penyumbatan pada pori-pori kulit sehingga muncullah beberapa tonjolan kecil yang biasa disebut WhiteHead (yang hitam disebut Blackhead) disekitar kulit kepala atau wajah anda.

Terkadang, ada beberapa penyakit komedo yang berwarna kekuningan. Biasanya, target sasaran utam komedo hanyalah satu, yakni pada daerah sekitaran hidung dan mata.

Komedo bisa saja berkembang menjadi jerawat, istilah ini biasa disebut dengan Pustule atau Papul. Secara umum, komedo tumbuh pada saat masa perkembangan atau masa pubertas terjadi. Hal ini terjadi karena kadar hormon menghasilkan sebum berlebih.

Sebum memiliki fungsi sebagai penjaga kelembapan kulit. Kemudian sebum ini akan terus mengalir keluar dari pori-pori yang terbuka. Terkadang, pori-pori sebagai tempat keluarnya sebum menjadi tersumbat dan dari situlah bakteri akan menumpuk.

Jika anda memiliki masalah dengan penyakit kulit ini maka anda tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan mencoba untuk membahasn beberapa langkah yang tepat untuk menghilangkan komedo secara alami.

Macam-macam Jenis Komedo

Timbulnya komedo pada wajah, tentunya akan mengganggu penampilan wajah anda. Sebelum anda mencoba untuk menghilangkannya, maka ketahuilah bahwasannya ada beberapa jenis komedo yang biasa muncul disekitaran kulit wajah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komedo merupakan manifestasi timbulnya jerawat pada kulit wajah. Dimana komedo sendiri memiliki  2 jenis model yakni Komedo Putih dan Hitam.

Whiteheads (Komedo Putih)

Komedo putih juga biasa disebut dengan komedo tertutup. Hal ini dikarenakan gumpalan yang menyumbat pori-pori kulit tampak seperti noda putih yang menonjol.

Ciri-ciri dari Whiteheads ini adalah gumpalannya yang akan terasa pada jika disentuh. Selain itu, komedo Whiteheads ini biasa timbul dalam bentuk tunggal maupun berkelompok. Area yang biasa diserang oleh komedo ini adalah tulang pipi, hidung dan sekitaran kelopak mata.

Komedo ini sangat sulit untuk dikeluarkan. Hal ini karena komedo Whiteheads terletak di bawah epitel kulit. Jangan mencoba-coba untuk menghilangkan komedo ini secara manual. Karena, jika terjadi peradangan maka tentu saja hal ini hanya akan mempersulit situasi.

Blackheads (Komedo Hitam)

Komedo hitam ini biasa juga disebut sebagai komedo terbuka. Hal ini karena gumpalan sebum yang ada telah bercampu dengan sel-sel kulit mati, keringat, bakteri, kotoran, debu sehingga komedo ini akan tampak berwarna hitam. Tidak ada lagi epitel yang menutupi komedo jenis ini.

Warna hitam yang ada pada jenis komedo ini, terjadi akibat adanya proses oksidasi antara oksigen dengan pigmen luar kulit yang biasa disebut dengan melanin. Hal ini yang membedakan jenis komedo hitam dengan komedo putih. Komedo putih (Whiteheads) akan tetap berwarna putih karena ia tidak tersentuh oleh oksidasi.

Area yang sering diserang oleh komedo jenis ini adalah kulit wajah bagian hidu, dahi dan dagu. Karena jenis komedo ini tidak ditutupi oleh epitel kulit, maka ia sangat mudah sekali untuk dikeluarkan.

Komedo hitam yang terkena inflamasi pada akhirnya akan menimbulkan jerawat. Oleh karenanya, anda juga harus sangat berhati-hati jika ingin menyingkirkan komedo jenis ini.

Penyebab Munculnya Komedo

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, komedo sering kali muncul di daerah tertentu seperti area dagu dan hidung. Sebaiknya, anda harus cepat-cepat melakukan tindakan untk menghilangkan komedo karena jika dibiarkan, komedo tersebut akan berubah menjadi jerawat.

Adanya komedo pada bagian wajah, tentunya akan sangat mengganggu segala aktifitas anda serta mengurangi tingkat percaya diri.

Lalu langkah apa sajakah yang harus kita lakukan demi menghilangkan komedo yang membandel? Sebelum berlanjut ketahap selanjutnya mari kita bahas dulu penyebab munculnya komedo.

Terlalu Banyak Makan Gorengan

Kulit merupakan bagian organ tubuh yang paling sensitif dan sangat dipengaruhi oleh diet makanan kita sehari-hari. Salah satu dari makanan yang dapat memicu timbulnya komedo adalah gorengan. Makanan ini biasanya akan terasa manis dan memiliki kandungan karbohirat yang tinggi sehingga akan menyebabkan kulit menjadi rusak.

Anda bisa saja membandingkan orang yang setiap harinya mengkonsumsi gorengan dengan yang tidak. Untuk menghindari komedo, anda bisa mengganti kebiasaan mengkonsumsi gorengan tersebut menggunakan sayur atau buah-buahan.

Selain mengurangi efek negatif dari gorengan, memakan sayur juga akan membuat kulit anda tampak cerah karena ia memiliki nutrisi dan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Wajah yang Kotor

Kondisi badan yang lelah karena seharian beraktifitas, ditambah lagi dengan polusi udara akan membuat kulit wajah anda semakin kotor.

Parahnya lagi, banyak orang yang mengabaikan hal ini. Sehingga aktifitas yang mereka lakukan sepulang kerja adalah tidur-tiduran atau nonton TV. Dengan demikian, hal tersebut akan membuat pori-pori menjadi tersumbat dan mengundang komedo untuk datang.

Merokok

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa dampak negatif yang ditimbulkan oleh rokok hanyalah sebatas menyerang kesehatan paru-paru. Padahal, banyak efek negatif lain seperti menyebabkan komedo dan jerawat pada wajah. Asap rokok yang mengandung partikel halus akan sangat berbahaya bagi kesehatan kulit wajah.

Selain akan memicu timbulnya jerawat dan komedo pada kulit wajah, merokok juga akan membuat wajah keriput dan terlihat semakin tua.

Make Up Berlebih

Menggunanakan make up berlebih tentunya akan menimbulkan beberapa risiko, terutama pada wanita. Selain bisa memicu timbulnya iritasi pada kulit wajah, penggunaan bahan kimia yang terkandung di dalam make up juga bisa berpotensi menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo.

Kafein dan Alkohol

Mengkonsumsi kafein dan alkohol secara terus menerus akan menimbulkan berbagai macam efek negatif bagi tubuh kita, salah satunya adalah bisa memicu tumbuhnya komedo pada wajah. Meminum alkohol akan membuat pola tidur anda menjadi kacau, hal ini tentuya akan sangat mengganggu kesehatan kulit wajah.

Sedangkan kafein mampu merangsang dan memaksa kelenjar miyak untuk berproduksi berkali-kali lipat sehingga hidung anda akan lebih berminyak dan menimbulkan komedo.

Hormon Tubuh Tidak Stabil

Kadar hormon setiap manusia tentunya berbeda-beda, ada beberapa orang diantaranya yang memiliki hormon tidak menentu (stabil). Seseorang yang memiliki kadar hormon testosterin yang tinggi akan lebih mudah berpotensi terkena penyakit komedo.

Hal ini disebabkan oleh aktifnya kelenjar sebaceous yang ada pada kulit wajah sehingga mengakibatkan sebum berproduksi secara berlebihan.

Malas Membersihkan Rambut

Sekilas jika diperhatikan, kebersihan rambut tentunya tidak memiliki hubungan dengan kulit wajah. Namun siapa sangka hal tersebut malah bisa memicu tumbuhnya komedo dan jerawat. Kulit kepala akan memproduksi minyak berlebih, lalu miyak tersebut akan mengalir melewati wajah.

Ketika berentuhan dengan air, maka otomatis minyak tersebut akan bercampur dengan kotoran dan bakteri. Hal inilah yang memicu penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan komedo pada wajah.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Memang beberapa cara yang ada dibawah ini lebih terlihat gampang dan murahan. Akan tetapi tunggu dulu, jangan menilai dari luarnya saja. Karena khasiat yang di dalamnya jauh lebih efektif dibandingka dengan penggunaan obat-obatan kimia.

Namun tentu saja, penggunaan bahan-bahan alami ini pastinya memerlukan kesabaran dan ketekunan yang ekstra karena pada hakikatnya cara alami tersebut bukanlah cara yang praktis.

1. Memanfaatkan Pala

Salah satu cara untuk menghilangkan komedo secara alami adalah dengan memanfaatkan khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh buah pala. Buah pala memiliki manfaat sebagai penghalus kulit dan pembasmi komedo (jika dicampur dengan susu). Hal ini karena campuran tersebut memiliki kandungan asam laktata yang mampu memecah sel kulit mati ketika membilas wajah.

Untuk lebih lengkapnya, anda bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Siapkan bubuk pala dan bubuk susu. Lalu campurkan kedua bubuk tersebut dan tambahkan dengan air sehingga membentuk pasta.
  • Pijat wajah anda dengan campuran tersebut diatas permukaan wajah yang berkomedo. Lalu biarkan selama 10 menit.
  • Yang terakhir, bilas wajah anda menggunakan air hangat agar pori-pori anda tidak menutup.

2. Memanfaatkan Gelatin dan Susu

Scrub yang ditimbulkan oleh gelatin dan susu mempu menarik beberapa komedo dari hidung. Bagaimana caranya? anda bisa mencampurkan satu sendok makan bubuk gelatin (tanpa rasa) dengan 1,5 sendok makan susu bubuk ke dalam mangkok yang anti panas.

Setelah itu, masukkan mangkok tersebut ke dalam microwave selama 10 detik. Lalu oleskan scrub yang terbuat dari gelatin dan susu tersebut ke sekitaran hidung yang tekrna penyakit komedo menggunakan kuas. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga mengering.

Jika sudah, lepaskan scrub yang telah mengering tersebut secara perlahan. Kemudian maka anda akan mendapatkan hasil kulit wajah yang bersih tanpa komedo.

3. Memanfaatkan Madu

Madu memiliki khasiat untuk menghilangkan komedo yang membandel. Hal ini karena madu memiliki kandungan yang bisa melembapkan kulit dan membuka pori-pori yang tersumbat. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka anda bisa menggunakan madu yang memiliki kualitas bagus.

Madu yang berkualitas tinggi memiliki ciri-ciri khusus pada teksturnya yang sangat lengket dan berwarna pekat. Anda hanya cukup mengoleskan madu tersebut keatas permukaan wajah yang berkomedo.

Selanjutnya, madu tersebut akan membuat komedo menjadi menempel dan tertarik pada saat kita membersihkannya. Lakukan hal ini secara berulang-ulang hingga sang madu mengering. Jika sudah, basuh wajah anda menggunakan air bersih.

4. Menggunakan Teh Hijau

Selain memiliki manfaat sebagai penenang pikiran, teh hijau juga ternyata memiliki khasiat yang sangat baik untuk menghilangkan komedo secara alami. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau tergolong tinggi.

Caranya sangatlah mudah, anda hanya perlu memasak teh hijau tersebut layaknya teh biasa. Lalu kemudian tunggu beberapa saat hingga mendingin. Oleskan air tersebut ke atas permukaan wajah yang berkomedo dan terakhir bilas hingga bersih.

5. Memanfaatkan Putih Telur

Seperti yang dijelaskan pada artikel sebelumnya, bahwa putih telur sangat bermanfaat bagi kesehatan wajah. Akan tetapi, kekurangan dari putih telur tersebut adalah bau amisnya yang menyengat. Namun tidak ada salahnya jika anda mencoba cara yang satu ini.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa langkah berikut:

  • Bersihkan wajah anda dari segala noda dan kotoran.
  • Setelah bersih, kemudian oleskan putih telur keatas permukaan wajah anda menggunakan jari.
  • Setelah mengering, oleskan lagi putih telur yang ada sebagai lapisan kedua.
  • Diamkan hingga kurang lebih 15 menit, lalu bilas dengan wajah anda dengan menggunakan air hangat.

6. Memanfaatkan Lemon

Lemon memang terkenal akan khasiatnya yang bisa merubah kulit menjadi lebih cerah alami. Anda juga bisa menghilangkan komedo menggunakan buah ini. Caranya, anda hany perlu mengoleskan beberapa potongan lemon ke atas permukaan wajah yang berkomedo.

Anda juga bis mencampurkan air jeruk lemon tersebut dengan gliserin dan minyak almond. Setelah itu, oleskan campuran tersebut di atas permukaan hidung atau wajah yang berkomedo hingga rata. Tunggu hingga meresap atau sekitar 5 hingga 10 menit, baru kemudian bilas dengan air bersih.

7. Membersihkan Komedo dengan Kayu Manis

Bahan ini memang sangat terkenal dengan aroma dan rasanya yang sedap jika digunakan sebagai bahan makanan. Namun jangan sangka, ternyata kayu manis juga bisa digunakan sebagai penghilang komedo.

Jika anda ingin menggunakan kayu manis sebagai penghilang komedo, maka anda bisa menyimak beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Siapkan satu sendok teh bubuk kayu manis, bubuk kunyit dan air perasan lemon.
  • Setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata.
  • Lalu kemudian oleskan bahan campuran tersebut di atas permukaan wajah yang terkena penyakit komedo.
  • Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

8. Menggunakan Gel Lidah Buaya

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut, untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Siapkan beberapa batang tanaman lidah buaya.
  • Pisahkan antara gel lidah buaya tersebut dengan kulitnya.
  • Oleskan gel tersebut lalu diamkan selama 10 hingga 15 menit.
  • Terakhir bilas wajah anda hingga bersih.

9. Dengan Uap Air Panas

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu menyiapkan air panas di dalam wadah seperti baskom atau bejana. Kemudian, posisikan wajah anda tepat di atas permukaan air supaya anda bisa merasakan uap air panas tersebut.

Uapkan wajah anda kurang lebih selama 2 hingga 3 menit dibarengi dengan pemijatan pada daerah yang terinfeksi oleh komedo. Setelah itu, bersihkan komedo-komedo yang telah keluar menggunakan air bersih.

10. Pepaya

Pepaya juga ternyata sangat ampuh untuk membersihkan wajah anda dari komedo. Cara penggunaanya adalah dengan mengolah buah pepaya tersebut menjadi masker wajah alami. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa langkah berikut ini:

  • Siapkan beberapa buah pepaya lalu cuci hingga bersih. Jangan lupa juga untuk mengupas kulitnya.
  • Haluskan buah pepaya tadi dengan blender, lalu kemudian campurkan pepaya tersebut dengan 2 sendok teh madu.
  • Oleskan campuran tersebut di atas permukaan wajah yang terserang penyakit komedo.
  • Tunggu hingga kurang lebih 20 sampai 30 menit baru bilas dengan air hangat sampai benar-benar bersih.

11. Menggunakan Pasta Gigi

Percaya atau tidak, ternyata pasta gigi memiliki manfaat dan khasiat yang bisa menyembuhkan penyakit komedo. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, anda bisa mencampurkan pasta gigi ini dengan air perasan jeruk nipis. Untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak beberapa langkah berikut:

  • Campurkan pasta gigi dengan satu sendok teh air perasan jeruk nipis lalu aduk hingga merata.
  • Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke daerah kulit wajah yang terkena komedo.
  • Diamkan selama 15 menit hingga mengering.
  • Jika sudah, anda bisa memijit-mijiit wajah anda dengan tangan yang bersih.
  • Terakhir, bilas wajah anda dengan air bersih.
  • Langkah terakhir, anda bisa menutup pori-pori wajah dengan cara mengetuk-ngetuk sendok yang dingin (dimasukkan kedalam freezer) ke atas permukaan wajah yang diterapi.

Makanan yang Harus Dihindari

Setelah kita membahas berbagai macam cara menghilangkan komedo secara alami, kali ini kita akan mulai sedikit membahas tentang makanan apa saja yang memicu tumbunya komedo pada wajah. Tentunya, semua perawatan yang disampaikan tidak akan bisa menyembuhkan secara normal jika tidak dibarengi dengan pola hidup yang sehat.

Diet makanan sehari-hari kita juga termasuk kedalam salah satu faktor yang mendukung berjalannya pola hidup yang sehat. Jika kita memakan sesuatu yang baik, maka hal tersebut akan memberikan dampak yang baik pula terhadap kesehatan kita.

Lalu apa sajakah makanan-makanan yang harus kita hindari selama melakukan proses perawatan wajah tersebut? Berikut ulasannya.

Makanan Berlemak

Lemak berlebih yang terkandung di dalam tubuh akan membuat transportasi nutrisi dan oksigen ke dalam sel menjadi terhambat. Jika demikian, hal tersebut akan mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh sehingga kadar gula di dalam darah akan sangat mudah mengalami penurunan dan kenaikan secara drastis.

Nah, ketika kadar gula dalam darah mengalami peningkatan, maka pada saat itulah komedo dan jerawat dengan mudahnya akan tumbuh.

Mengkonsumsi Susu Secara Berlebih

Beberapa penelitian menunjukan bahwasannya asupan susu yang tinggi sangat berkaitan dengan penyebab munculnya jerawat pada wajah. Penelitian yang dipelopori oleh Harvard Univesrity ini menemukan salah satu fakta bahwa remaja yang meminum susu lebih dari dua kali seharu maka akan cenderung lebih mudah terkena jerawat.

Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena meningkatnya pertumbuhan hormon pada tubuh, sehingga kelenjar sebaceous yang ada pada kulit wajah menjadi tersumbat.

Mengkomsumsi Produk Gula Olahan

Gula hampir terkandung di dalam seluruh makanan dan buah-buahan yang biasa kita konsumsi pada saat ini. Akan tetapi, selama buah-buahan tersebut kita makan secara mentah-mentah maka kandungan gula yang ada di dalamnya tidak akan terlalu meningkatkan kadar gula darah.

Hal ini dikarenakan gula yang terdapat pada buah-buahan tersebut termasuk ke dalam kategori gula kompleks (berupa karbohidrat dan serat sederhana).

Gula-gula tersebut akan memicu pertumbuhan jerawat dan komedo pada wajah kita, jika ia sudah dibentuk dan diolah ke bentuk yang lebih sederhana. Gula pasir contohnya, ia termasuk ke dalam kategori gula sederhana dan akan memicu jerawat dan komedo pada wajah.

Mengkonsumsi Kafein

Teh, kopi, minuman bersoda dan beberapa jenis obat penghilang rasa nyeri adalah sumber kafein yang akan membuat jerawat semakin menjadi jadi. Salah satu efek yang ditimbulkan oleh kafein adalah kandungannya yang bisa merangsang kelenjar adrenalin, sehingga hal tersebut akan memicu timbulnya stress pada diri kita.

Efek stress itulah yang nantinya akan menimbulkan jerawat. Selain itu, kafein jga bisa mengakibatkan kita mengalami gangguan tidur. Gangguan tidur tersebut akan merusak proses pemulihan fisik dan mekanisme pembuangan racun (detoksifikasi) pada tubuh.

Makanan Olahan

Beberapa makanan olahan seperti bakso awetan, sosis, nugget dan sardin kalegan memiliki kandungan bahan pengawet. Bahan-bahan tersebut  sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh sehingga akan memperparah radang yang ada pada jerawat.

Makanan yang Membuat Alergi

Masalah yang terjadi pada kulit sering terjadi dikarenakan alergi terhadap makanan, terutama pada telur dan susu. Jerawat timbul karena sistem kekebalan tubuh berusaha melawan racun yang dirasakan.

Seorang pakar alergi menjelaskan bahwasannya terdapat hubungan kolerasi yang kuat antara peyakit alergi dengan jerawat.

Reply