Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat merupakan peristiwa di mana pori-pori kulit wajah dalam keadaan tertutup maka akan menyebabkan datangnya kantung nanah menggumpal. Jerawat memiliki beberapa macam yaitu komedo, jerawat umum, dan ada juga jerawat batu.

Datangnya jerawat pada kulit wajah biasanya disebabkan oleh beberapa aspek, diantaranya disebabkan karena adanya beberapa sel kulit yang mati, pemakaian obat-obatan yang beresiko, adanya minyak di wajah yang berlebih, pemakaian kosmetik, dan bakteri-bakteri yang berasal dari debu atau yang lainnya.

Cara yang mudah menyingkirkan jerawat yang sering kali dilakukan oleh Kebanyakan orang yaitu dengan cara memencet atau memecahkan jerawat, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit dan susunan kulit, justru akan meninggalkan bekas jerawat yang susah dihilangkan.

Bekas Jerawat atau flek hitam di wajah sangat mengganggu penampilan, namun anda tidak perlu khawatir karena anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu hanya perlu menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami yang banyak ditemukan di pasar atau supermarket terdekat.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami tentu lebih aman dan tidak akan menyebabkan Resiko yang besar seperti ketika menggunakan obat-obatan kimia. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami.

Sebelum anda melakukan praktik untuk menghilangkan jerawat secara alami sebaiknya anda cari tahu dulu cara yang tepat untuk melakukannya, sebab kulit wajah sangat sensitif dengan hal yang baru atau dapat menyebabkan alergi pada kulit wajah. Berikut contoh atau beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, diantaranya.

1. Menggunakan Madu dan Telur untuk Masker Wajah

Gambar telur. ilustrasi untuk menggunakan madu dan telur untuk masker wajah

unsplash.com

Madu dan telur bisa juga digunakan sebagai bahan alami yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan cara mencampurkan 2 bahan tersebut untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Untuk Menghilangkan bekas jerawat yang membandel di wajah, kamu hanya perlu mencampurkan 2 bahan tersebut sebagai masker wajah alami.

Namun Untuk Telur yang dipakai hanya bagian putih telurnya saja, penggunaan masker wajah ini sebaiknya dilakukan sebelum tidur
Dan di waktu pagi hari, lakukan secara teratur agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Menggunakan Lidah Buaya

gambar lidah buaya. ilustrasi menggunakan lidah buaya

www.pexels.com

Pada dasarnya lidah buaya dipakai untuk obat alami sebagai penumbuh dan penyubur rambut. Tidak hanya itu lidah buaya bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat.

Untuk menghilangkan bekas jerawat dengan lidah buaya sangatlah mudah, anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya di bagian wajah anda yang terdapat bekas jerawat secara merata. Lakukan hal tersebut secara teratur 2-3 kali dalam satu hari. Maka setelah beberapa hari dengan sendirinya bekas jerawat akan musnah.

3. Menggunakan Perasan Air Jeruk Nipis

Gambar jeruk nipis dalam gelas. ilustrasi untuk menggunakan perasan air jeruk nipis

www.pexels.com

Jeruk nipis mempunyai banyak sekali manfaat, diantaranya untuk menyingkirkan bau badan atau ketiak dan juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dengan menggunakan jeruk nipis sangatlah mudah, yaitu cukup mengoleskan perasan air jeruk nipis di bagian wajah yang terdapat bekas jerawat atau flek hitam. Kemudian diamkan beberapa lama sekitar 15 sampai 18 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat sambil dipijat dengan halus.

4. Menggunakan Bawang Putih

gambar bawang putih. ilustrasi menggunakan bawang putih

www.pexels.com

Bawang putih tidak hanya digunakan untuk bumbu dapur tapi bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam.

Dengan cara menghaluskan 2-3 siung bawang putih lalu oleskan di bagian wajah yang terdapat bekas jerawat secara merata. Walaupun menimbulkan bau yang tidak enak, namun bawang putih cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat, lakukan secara rutin agar bekas jerawat atau flek hitam cepat menghilang.

5. Menggunakan Tomat Sebagai Masker Wajah

gambar tomat. ilustrasi menggunakan tomat sebagai masker wajah

www.pexels.com

Tomat juga tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, namun bisa juga digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan bekas jerawat, tomat banyak mengandung vitamin C, sehingga sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat atau kulit kering yang sulit dihilangkan pada bagian wajah.

Untuk menggunakan tomat sebagai masker wajah sangatlah mudah, ya itu hanya cukup dengan menggunakan satu atau dua buah tomat yang tidak terlalu matang, Lalu haluskan tomat tersebut.

Apabila sudah siap digunakan untuk masker, lalu oleskan tomat yang sudah dihaluskan kebagian wajah anda secara merata. Lalu diamkan 10 sampai 15 menit hingga kering. Lalu bilas wajah dengan air dingin.

6. Menggunakan Es Batu

gambar es batu. ilustrasi gunakan es batu

www.pexels.com

Es batu juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Dengan cara yang mudah dan cukup ampuh.

Langkah pertama bersihkan wajah anda dengan air bersih, kemudian Ambillah es batu secukupnya. Lalu gosokkan es batu ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat atau flek hitam dengan cara memutar, kurang lebih 15 sampai 20 menit. Untuk mendapat hasil yang lebih maksimal anda bisa melakukannya secara teratur dengan 2 sampai 4 kali dalam sehari.

7. Menggunakan Minyak Ikan

gambar minyak ikan. ilustrasi menggunakan minyak ikan

www.pexels.com

Pada dasarnya minyak ikan lebih dikenal digunakan sebagai bahan untuk menurunkan kolesterol sebagai bahan masakan, namun minyak ikan juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan wajah.

Minyak ikan yang banyak mengandung vitamin E dan omega -3 juga sangat ampuh untuk mengatasi gangguan pada kulit wajah, diantaranya menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam.

Yaitu dengan cara mengoleskan minyak ikan di waktu sebelum tidur atau mengkomsusinya secara langsung sebelum memakan makanan berat.

Tidak semua orang cocok memakai minyak ikan ini, untuk anda yang mempunyai alergi dengan ikan, Tidak di anjurkan untuk menggunakan minyak ikan ini, sebab akan mengakibatkan alergi yang justru akan memperparah bekas jerawat yang terdapat di wajah anda.

8. Gunakan Irisan Kentang

gambar kentang. ilustrasi menggunakan irisan kentang

www.pexels.com

Kendang juga tidak hanya digunakan untuk bahan masakan, bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Cara penggunaannya cukup mudah anda hanya perlu mengiris kentang tipis tipis dan tempelkan pada area wajah yang terdapat bekas jerawat dan flek hitam, lalu Diamkan selama 10 menit. Setelah itu untuk membersihkannya bilaslah wajah anda dengan air bersih, lakukan secara rutin sebanyak 3 kali dalam satu minggu, maka flek hitam dan bekas jerawat akan hilang sepenuhnya.

9. Gunakan Irisan Timun

gambar timun. ilustrasi gunakan irisan timun

www.pexels.com

Sering melihat orang menggunakan timun sebagai masker wajah ? sudah bukan hal yang asing lagi kalau timun merupakan bahan alami yang sering di gunakan untuk perawatan wajah, kandungan dalam timun diantaranya Vitamin A,C dan juga magnesium yang dapat menghidrasi wajah sekaligus menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Cara penggunaannya cukup mudah, iris tipis timun kemudian Letakkan irisan timun di seluruh wajah selama 30 menit. Timun sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam, dan wajah pun jadi lebih sabar.

10. Menggunakan Kunyit

gambar kunyit. ilustrasi menggunakan kunyit

www.pexels.com

Tidak sekedar dapat digunakan untuk bumbu masak, namun ternyata kunyit pun mempunyai khasiat yang bagus untuk kulit wajah.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu menumbuk kunyit sampai halus atau bisa juga memakai bubuk kunyit yang dicampur kan dengan air, kemudian oleskan kunyit ke bagian wajah yang terdapat bekas jerawat atau flek hitam, dan diamkan beberapa saat. Kunyit mempunyai sifat antiseptik dan anti inflamasi bisa menyingkirkan jerawat dan bekas jerawat apabila dipakai secara rutin.

11. Gunakan Masker Pepaya dan Daun Pepaya

gambar pepaya. ilustrasi gunakan masker pepaya dan daun pepaya

www.pexels.com

Kandungan enzim papain pada pepaya bisa membantu menghilangkan sel kulit mati serta aktioksidanya bisa mencerahkan kulit wajah, menghilangkan kulit kemerahan yang disebabkan oleh jerawat, serta mengurangi peradangan pada kulit wajah.

Cara pemakaiannya cukup mudah, anda hanya perlu memotong pepaya dengan bentuk dadu, lalu haluskan pepaya sampai menjadi bubur. Anda dapat menambahkan satu sendok madu atau lemon. Kemudian oleskan ke bagian wajah dan Diamkan selama 20 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

Tidak hanya bagian buahnya saja, daun pepaya yang mempunyai rasa yang pahit juga bisa menjadi salah satu option untuk menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam. Kandungan senyawa kaprpain dalam daun pepaya bisa membunuh mikroorganisme yang mengganggu kulit.

Cara penggunaannya anda hanya perlu menggunakan 4 lembar daun pepaya. Lalu keringkan dengan memanfaatkan sinar matahari. Kemudian haluskan dan pepaya. Lalu campurkan dengan air, anda hanya perlu mengoleskannya ke bagian wajah secara merata kemudian didiamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini secara rutin maka bekas jerawat dan flek hitam akan hilang selamanya.

12. Gunakan Buah Blueberry

gambar blueberry. ilustrasi gunakan blueberry

www.pexels.com

Buah yang satu ini biasanya dijadikan untuk bahan pembuatan selai, ternyata bisa juga digunakan untuk kesehatan wajah. Buah blueberry mempunyai banyak sekali kandungan yang bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat serta menghilangkan bekasnya. Diantaranya terdapat kandungan vitamin B1 B2 B3 B6, vitamin C vitamin E, vitamin K dan antioksidan.

Cara pemakaiannya juga sangat gampang dan singkat. Anda hanya perlu membersihkan buah blueberry, dan ditumbuk hingga halus. Lalu oleskan pada bagian jerawat dan bekas jerawat.

Diamkan sampai sekitar 20 menit lalu basuh muka anda dengan air bersih. Blueberry juga bisa digunakan untuk masker wajah agar lebih lembut, lembab dan kenyal. Lakukan hal ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

13. Gunakan Buah Belimbing Wuluh

gambar belimbing. ilustrasi gunakan belimbing wuluh

pixabay.com

Tidak banyak orang yang tahu jika buah yang memiliki rasa masam ini mempunyai khasiat yang bagus untuk kulit wajah, dan juga untuk menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat.

Hal itu dikarenakan belimbing wuluh mempunyai kandungan kaya akan vitamin C. Cara penggunaannya juga sangat mudah dan simple. Sediakan 3 buah belimbing wuluh dan cuci hingga bersih.

Lalu, haluskan belimbing wuluh Dan tambahkan sedikit garam. Kemudian oleskan pada bekas jerawat, diamkan selama 16 menit, lalu bilas wajah anda dengan air bersih. Lakukan secara rutin 2 hari sekali, agar hasil lebih maksimal.

14. Gunakan Baking Soda

gambar baking soda. ilustrasi gunakan baking soda

www.pexels.com

Bahan yang biasa digunakan untuk pembuatan kue ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit wajah. Baking soda dapat digunakan sebagai pilihan untuk menghilangkan jerawat dan flek hitam. Hal itu disebabkan baking soda banyak mengandung sodium bicarbonate yang sangat berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakan bumbu dapur ini sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat sangatlah mudah, yaitu anda cukup siapkan 3 sendok teh baking soda lalu Tambahkan air secukupnya. Aduk sampai mengental kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat jerawat dan flek hitam.

Tunggu hingga 3 sampai 5 menit dan basuh dengan air hangat sampai bersih. Pakai perawatan alami dengan cara ini secara teratur, kurang lebih satu sampai dua kali dalam satu minggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

15. Gunakan Masker Jagung Muda

gambar jagung. ilustrasi gunakan masker jagung muda

www.pexels.com

Jagung muda dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat dan waktu yang singkat, jagung yang masih muda banyak mengandung vitamin C yang memberikan kegunaan antioksidan
Yang bisa menangkal radikal bebas.

Radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh bisa membuat kulit menjadi kusam dan munculnya flek hitam. Maka dari itu mengkonsumsi jagung muda bisa dijadikan alternatif untuk membuat kulit menjadi lebih cantik dan lebih cerah.

Selain dikonsumsi, jagung Muda juga bisa dijadikan masker wajah, caranya cukup mudah anda hanya perlu menghaluskan jagung muda dan oleskan ke seluruh bagian yang terdapat bekas jerawat atau flek hitam, lalu diamkan beberapa saat.

Lakukan pada saat malam hari dan biarkan. Pada keesokan harinya bilaslah wajah dengan air bersih, dan Buktikanlah sendiri perbedaannya.

16. gunakan Obat Tetes Mata

gambar obat tetes mata. ilustrasi gunakan obat tetes mata

pixabay.com

Obat tetes mata terdapat kandungan tetrahydrozoline hydrochloride yang mampu membantu menghilangkan kemerahan pada jerawat dengan cepat.

Caranya cukup mudah yaitu siapkan kapas basahi dengan obat tetes mata, kemudian Letakkan ke dalam freezer. Biarkan selama semalaman. Pada keesokan harinya, tempelkan kapas tersebut pada bagian jerawat selama beberapa menit.

Pada saat cairan tetes mata menyerap ke dalam kulit, akan terjadi penyempitan sementara pembuluh darah. Hal tersebut akan mengurangi warna kemerahan pada jerawat berkurang. Lakukan terus-menerus sampai warna kemerahan tersebut tidak muncul lagi.

17. Gunakan Makeup Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

gambar makeup. ilustrasi gunakan makeup untuk menghilangkan bekas jerawat

www.pexels.com

Make up adalah alat yang paling efisien untuk menghilangkan warna kemerahan pada jerawat dan flek hitam. Sekarang ini telah banyak kosmetik yang tersedia tanpa minyak dan non komedo.

Pilihlah kosmetik yang berbahan mineral yang menggunakan silica, titanium dioksida, dan zinc oksida sebab bahan-bahan tersebut tidak mengiritasi kulit. Hal ini pun sangat efektif untuk menghilangkan Minyak yang menyebabkan timbulnya jerawat dari kulit dan yang bisa untuk menutupi warna kemerahan dari jerawat.

Jika kamu memakai concealer untuk menyamarkan warna kemerahan, pakai yang berwarna hijau sebab kontras dengan warna merah pada jerawat, lalu taburkan bedak setelah menggunakan concealer untuk menyamakan nya dengan warna kulit. Hal itu pun akan menguatkan make up anda sehingga tidak mudah luntur.

Meskipun kemerahan pada jerawat dapat mengganggu penampilan, namun hal itu tidak seburuk bekas yang ditinggalkan setelah adanya jerawat. Harus diingat, cara untuk menghilangkan jerawat dengan instan ini tidak akan meminimalisir resiko terbentuknya luka bekas jerawat. Kamu harus mengatasi jerawat secepat mungkin untuk mencegah adanya bekas jerawat yang cukup parah.

18. Gunakan Perasan Air Lemon

gambar lemon. ilustrasi gunakan perasan lemon

www.pexels.com

Lemon merupakan buah yang sangat berkhasiat untuk obat alami penghilang jerawat dan flek hitam. Dengan menggunakan airnya maka bisa menghapus warna hitam atau flek dan bintik dari bekas jerawat dengan cepat dan tidak kembali lagi.

Berikut ini cara menghilangkan bekas jerawat dengan mudah dan cepat dalam 1 hari dengan perasan lemon, di antaranya:

  1. Siapkan 1 buah lemon dan belah menjadi dua bagian dan diperas.
  2. Tambahkan 1 sendok madu lalu aduk sampai tercampur
  3. Oleskan pada kulit yang mempunyai bekas hitam jerawat dengan memijat pelan dengan ujung jari
  4. Lakukan hal ini pada malam hari sebelum tidur.
  5. Lalu biarkan semalaman dan basuh dengan air dingin pada keesokan harinya maka flek hitam pada bekas jerawat akan hilang.

19. Gunakan Kayu Manis

gambar kayu manis. ilustrasi gunakan kayu manis

www.pexels.com

Kayu manis juga selain digunakan untuk bahan masakan, ternyata cukup efektif untuk obat alami menghilangkan bekas jerawat dan flek hitam.

Untuk proses pembuatanya cukup mudah, hanya dengan menyiapkan kayu manis bubuk dengan madu, kemudian campurkan kedua bahan tersebut dan aduk sampai merata hingga kedua bahan tersebut tercampur.

Lalu, oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang ada bekas jerawat. sebelum mengoleskanya anda harus membersihkan permukaan wajah anda dengan air bersih terlebih dahulu, waktu yang pas untuk melakukan perawatan tersebut dilakukan pada malam hari. dan basuh wajah anda pada keesokan harinya, lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

20. Gunakan Minyak Lavender

gambar lavender. ilustrasi gunakan minyak lavender

isorepublic.com

Kandungan anti mikroba yang terdapat dalam minyak lavender dapat membantu mengatasi peradangan pada jerawat dan merangsang pembentukan sel-sel baru.

Untuk mengatasinya caranya sangat mudah, siapkan minyak lavender secukupnya saja, kemudian usapkan beberapa tetes minyak lavender yang telah anda siapkan pada bagian kulit anda yang berjerawat. lalu diamkan beberapa saat, setelah itu anda bisa langsung membasuhnya dengan air bersih. lakukan secara rutin untuk mendapat hasil yang maskimal.

Cara menghilangkan bekas jerawat atau flek hitam di wajah jika dilakukan dengan teratur, maka bekas jerawat akan hilang tanpa meninggalkan sisa sedikitpun. Lakukan beberapa cara diatas yang menurut anda mudah dan beberapa bahan yang mudah didapat, dan pastikan tidak menyebabkan alergi pada kulit wajah anda.

Berikut Beberapa Tips untuk Mempercepat Menghilangkan Jerawat

Untuk mempercepat proses hilangnya jerawat bisa didukung dengan melakukan beberapa tips seperti berikut :

Kebutuhan cairan yang cukup

Kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan. Anda dapat mencukupinya dengan banyak meminum air putih. Air putih sangat penting untuk tubuh. Dimana air putih bisa membantu membersihkan racun yang ada pada tubuh kita. Selain itu, air putih juga bisa membantu metabolisme tubuh serta membantu meregenerasi kulit. Jika anda memperbanyak minum air putih, tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga akan menghindarkan dari kotoran yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Banyak mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur sangat penting karena banyak mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh kulit. Buah dan sayur bisa membantu tubuh melarutkan lemak jahat sehingga bisa membantu mengurangi kadar lemak yang berlebih. Dampak positifnya menjadikan produksi minyak akan berkurang dan jerawat tidak akan muncul.

Hindari stress dan mempunyai waktu istirahat yang cukup

Merasa stres dan kurang tidur dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Maka dari itu, penting untuk menjauhi stress dan mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat sehingga metabolisme tubuh akan menjadi lancar dan teratur.

Jauhi makanan yang berlemak

Makanan yang banyak mengandung minyak bisa membuat tubuh juga memproduksi minyak yang berlebih. Di mana hal tersebut bisa berdampak pada kulit wajah. Produksi minyak yang banyak bisa membuat pori-pori kulit mengalami sumbatan, yang pada akhirnya dimana jerawat dan komedo akan banyak muncul dengan mudah.

Reply