10 Cara Menghilangkan Jerawat + 7 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Jerawat yang memiliki istilah medis sebagai acne vulgaris, termasuk kedalam salah satu kategori penyakit yang terjadi dikarenakan munculnya kelenjar minyak pada bulu halus atau rambut. jerawat yang menyerang manusia biasanya terjadi ketika memasuki masa pubertas.

Hal ini dikarenakan kelenjar hormon yang ada pada tubuh manusia mulai tumbuh disaat masa pubertas berlangsung. Kelenjar ini dihasilkan oleh kelenjar adrenal yang ada pada pria maupun wanita.

Akan tetapi tahukah anda perbedaan antara jerawat aktif dan bekas jerawat? Keduanya memang akan menimbulkan masalah pada tubuh kita. Akan tetapi, anda harus mengetahui perbedaannya karena langkah yang harus diambil pun sangatlah berbeda.

Berikut perbedaan yang menonjol antara jerawat aktif dan bekas jerawat:

Jerawat Aktif

  • Lebih terlihat memerah.
  • Menonjol keluar bagian kulit.
  • Jika disentuh menimbulkan rasa sakit.

Bekas Jerawat

  • Memiliki tekstur warna yang mulai manghitam.
  • Membentuk kawah atau bahkan kempes.
  • Jika disentuh tidak menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Terjadinya Jerawat

Segala penyakit memiliki faktor penyebab yang mungkin dapat kita hindari. Walaupun hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwasannya ada beberapa faktor yang tidak dapat dihindari seperti: faktor genetik atau keturunan.

Akan tetapi, alangkah baiknya jika kita mengetahi berbagai macam fakto penyebab tersebut agar kita bisa leluasa dalam menanganinya.

Pola Makan yang Tidak Sehat

Pada hakikatnya, semua penyakit yang kita alami lebih banyak dipengaruhi oleh apa yang kita makan atau konsumsi. Tanpa kita sadari, bahwa kita sering mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya jerawat.

Entah itu makanan cepat saji, gorengan serta makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi akan membuat wajah kita dipenuhi dengan jerawat.

Kandungan Minyak pada Kulit

Kulit berminyak merupakan jenis kulit yang paling digemari oleh jerawat. Kadar minyak berlebih pada wajah akan membuat semua bakteri-bakteri di luar kulit akan menempel pada wajah. Bakteri-bakteri tersebut yang nantinya akan membuat kulit menjadi berjerawat.

Polusi Udara

Udara yang tercemar atau berpolusi memang selalu menjadi salah satu faktor timbulnya jerawar pada wajah. Hal ini disebabkan hal tersebut menjadi sarana yang baik bagi para bakteri dan virus untuk menempel pada wajah anda.

Iritasi Wajah

Jerawat yang muncul juga bisa disebabkan oleh iritasi pada wajah. Baik itu iritasi yang disebabkan oleh makanan ataupun hal lainnya. Jika anda terserang penyakit ini, kami sarankan untuk membeli obat jerawat yang sesuai dengan resep dokter.

Mengkonsumsi Obat Kontrasepsi

Tahukah anda? Bahwasannya ketika kita menggunakan alat kontrasepsi akan membuat kinerja hormon menjadi terganggu. Sehingga hal ini akan berdampak buruk terhadap kelenjar kulit. Akibatnya, kulit kita akan mudah menjadi jerawatan.

Hal ini juga sangat mirip dengan jerawat yang timbul setelah proses melahirkan karena hormon yang ada pada tubuh masih belum stabil.

Kurang Minum Air Putih

Buruknya kinerja metabolisme dalam tubuh akan menjadi salah satu penyebab terjadinya masalah kulit terutama pada jerawat. Salah satu cara agar metabolisme tubuh kembali menjadi stabil adalah dengan banyak meminum air putih secara teratur.

Selain memperbaiki metabolisme dalam tubuh, air putih juga mampu mengurangi kadar minyak yang ada di dalam tubuh.

Akibat Penggunaan Kosmetik

Jerawat bisa saja mucul dikarenakan salah menggunakan obat kosmetik. Hal ini karena bahan obat kosmetik yang dipakai tidak cocok dengan kulit anda. Dengan demikian, hal itu bisa menimbulkan masalah kulit (khususnya jerawat) jika digunakan secara berulang-ulang.

Terkena Sinar Matahari Langsung

Sinar ultraviolet yang menyerang wajah secara langsung akan merusak jaringan luar kulit wajah. Akibatnya, perlindungan luar yang ada pada kulit wajah akan rusak sehingga membuat kulit menjadilebih rentan terhadap virus dan bakteri penyebab jerawat.

Jarang Membersihkan Wajah

Jika anda jarang membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka atau cleanser maka hal tersebut akan mendukung timbulnya jerawat pada wajah. Jika wajah anda dalam keadaan bersih, otomatis virus dan bakteri yang menyebabkan jerawat akan enggan untuk menempel.

Tangan Sering Menyentuh Wajah

Ada mitos yang menyatakan bahwa jerawat akan semubuh jika dipencet menggunakan tangan. Tentu saja hal ini salah besar. Memencet jerawat menggunakan tangan akan menyebabkan kuman yang ada pada jerawat tersebut akan berpindah ke permukaan kulit tangan.

Sehingga jika anda menyentuh jerawat dan wajah anda berkali-kali, maka hal tersebut sama saja dengan menyebarkan jerawat keseluruh permukaan wajah.

Rambut yang Kotor

Rambut kotor juga akan memicu timbulnya jerawat pada wajah anda. Hal ini karena rambut merupakan bagian tubuh yang peling sering berhubungan dengan wajah atau sering menyentuh muka.

Jika rambut kotor, maka semua bakteri dan kuman yang ada pada rambut akan ikut terbawa ke permukaan wajah.

Merokok

Yang jelas merokok bisa mengacaukan semua siste yang ada pada tubuh, termasuk juga sistem pembentukan sel kulit. Terhambatnya regenerasi kulit yang disebabkan oleh zat nikotin yang dibawa oleh rorok akan menimbulkan jerawat.

Selain itu, karbon dioksida yang ditimbulkan oleh pembakaran rokok akan langsung mengenai wajah sehingga hal ini akan memicu timbulnya jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Faktor utama yang bisa menimbulkan jerawat pada wajah adalah karena tidak menjaga kesehatan wajah. Selain itu, wajah juga termasuk kedalam bagian kulit yang paling luar sehingga sangat rentan terhadap polusi dan kotoran.

Jika kita memperhatikan kebersihan wajah, maka polusi dan kotoran yang ada akan menimbulkan berbagai macam virus dan bakteri.  Nah, jika anda sudah terlanjur terkena penyakit ini maka jangan takut, ada beberapa cara  yang bisa menghilangkan jerawat secara alami. Berikut ulasannya:

1. Menggunakan Es batu

Es batu yang biasa kita jumpai dipasaran memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Es batu tersebut dapat membantu menyembuhkan peradangan yang terjadi pada kulit wajah. Sehingga hal ini akan mengurangi pembengkakan yang disebabkan oleh jerawat.

Caranya sangat mudah, anda hanya perlu membungkus es batu tersebut menggunakan kain. Lalu kemudian tempelkan bungkusan tersebut ke bagian wajah yang berjerawat.

2. Menggunakan Madu

Madu juga bisa dijadikan sebagai media pengobatan jerawat. Madu ini memiliki manfaat dan khasiat yang sangat baik bagi kesehatan kulit kita. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa mencampurkan madu ini dengan putih telur.

Cara membuatnya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa sendok madu dan satu butir telur. Pisahkan putih telur, lalu campurkan dengan madu dengan takaran masing-masing setengah sendok. Aduk rata, lalu oleskan campuran tersebut di permukaan wajah yang berjerawat.

3. Menggunakan Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa anda jadikan sebagai bahan alami untuk menghapuskan noda jerawat pada wajah. Cara perawatan ini bisa anda lakukan sehari-hari dirumah karena keberadaaanya yang sangat mudah untuk dicari, apalagi di daerah pedesaan.

Jeruk nipis sendiri memiliki berbagai macam manfaat dan khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menghilangkan jerawat. Contoh simplenya, anda bisa melihat sabun cuci jeruk nipis akan seketika menghilangkan kadar minyak berlebih dalam waktu sekejap.

Hal ini tentunya akan sama jika kita mengaplikasikan jeruk nipis untuk wajah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wajah yang memiliki kadar minyak yang tinggi akan lebih rentan terkena virus dan bakteri. Sehingga jika anda menghilangkan kadar minyak tersebut menggunakan jeruk nipis, maka virus dan bakteri yang ada pun akan hilang.

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu memotong-motong jeruk nipis tersebut lalu peras hingga keluar airnya. Setelah itu, baru kemudian oleskan perasan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat.

Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, anda juga bisa mengoleskan cairang tersebut keseluruh permukaan wajah. Karena  bagian yang tidak berjerawat pun memiliki potensi untuk terkena jerawat. Setelah dioleskan, tunggu hingga 30 menit dan bilas hingga bersih.

4. Menggunakan Tomat

Tahukah anda? Bahwasannya buah tomat yang selama ini kita tahu hanya memiliki manfaat terhadap makan ternyata memiliki khasiat untuk kesehatan kulit wajah. Entah itu sebagai penghilang jerawat, ataupun mengencangkan pori-pori kulit wajah.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, anda hanya perlu memotong tomat tersebut menjadi beberapa bagian. Lalu oleskan potongan-potongan tersebut diatas permukaan wajah yang berjerawat hingga beberapa kali.

Setelah itu diamkan kurang lebih selama 15 menit. Jika sudah mengering, anda bisa membilasnya dengan air bersih. Selain bermanfaat sebagai penghilang jerawat, tomat juga memiliki potensi untuk menjaga wajah agar tidak terkena serangan jerawat kembali.

5. Menggunakan Lemon

Salah satu jenis jeruk lainnya yang bisa membantu menghilangkan noda jerawat pada wajah adalah jeruk lemon. Sama seperti jeruk nipis, jeruk lemon ini bisa kita gunakan sebagai penghilang jerawat karena ia memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Buah lemon yang kita gunakan adalah buah lemon yang masih segara bukan buah lemon yang sudah kering atau lama telah dipetik dari pohohnnya. Oleh karenanya, usahakan untuk menggunakan buah lemon yang segar untuk menghilangkan jerawat pada wajah anda.

Cara penggunaannya pun sama dengan penggunaan jeruk nipis, anda hanya perlu memotong-motong jeruk lemon lalu peras airnya hingga habis. Setelah itu, gunakan air perasan tersebut di atas permukaan wajah yang terkena jerawat.

6. Memanfaatkan Pepaya

Mungkin anda sudah tahu beberapa fungsi yang dimiliki masker wajah, entah itu masker alami maupun kimia. Yakni agar wajah lebih terlihat cantik dan cerah. Akan tetapi, penggunaan masker yang aman adalah penggunaan masker yang terbuat dari bahan alami.

Karena bahan-bahan alami tidak memiliki efek samping seperti masker kimia lainnya. Salah satu bahan alami yang bisa anda jadikan sebagai masker adalah pepaya. Sehingga hal ini bisa juga kita gunakan sebagai penghilang jerawat.

Cara penggunaannya pun sangat mudah, anda hanya perlu menghaluskan pepaya lalu kemudian oleskan bahan tersebut ke atas permukaan wajah secara merata. Diamkan hingga kurang lebih selama 15 menit.

Jika sudah, maka anda bisa membilas wajah anda dengan air hangat. Anda juga bisa terus melakukan langkah-langkah ini walau jerawat yang ada sudah hilang.

7. Memanfaatkan Beras Jepang

Pernah mendengar manfaat yang dimiliki oleh beras jepang? Ya ternyata beras ini juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penghilang jerawat. Hal ini disebabkan oleh kandungan Squan Oil pada beras jepang  yang bisa membuat kulit lebih lembut serta menghilangkan jerawat.

Cara penggunaannya pun sangatlah mudah, ambil air beras yang masih setengah matang. Lalu diamkan hingga mendingin. Gunakanlah air masakan beras tersebut untuk membasuh wajah anda.

8. Menggunakan Bawang Putih

Bawang putih yang hanya kita gunakan sebagai bahan makana ternyata memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan kulit, salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan zat antioksidan, antivirus, antiseptik, antijamur sekaligus. Kandungan tersebutlah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Cara penggunaanya sangat mudah, anda hanya perlu memotong 2 siung bawang menjadi 2 bagian. 2 bagian tersebut kemudian anda oleskan ke atas permukaan wajah yang terkena jerawat. Diamkan kurang lebih 10 menit lalu kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini hingga beberapa kali setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Menggunakan Uap

Jika dilihat dari penggunaannya terhadap kecantikan, uap sendiri masih sangat asing di kalangan masyarakat Indonesia. Di Eropa sendiri, metode penguapan ini sudah digunakan untuk bahan kecantikan rambut ataupun kulit.

Kita tahu, bahwasannya jerawat muncul akibat minyak yang menumpuk dan terjebak di dalam pori-pori wajah. Dengan menguapkan wajah, maka pori-pori yang ada pada wajah pun akan terbuka sehingga memberikan jalan bagi minyak untuk keluar.

Cara menggunakannya cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan air panas di dalam wadah. Lalu kemudian posisikan wajah anda tepat pada wadah tersebut. Tunggu hingga beberapa menit, baru setelah itu bilas wajah anda dengan air hangat. Lakukan langkah ini secara berulang-ulang untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

10. Pasta Gigi

Mungkin selama ini kita tidak bisa menyangka bahwasannya pasta gigi yang biasa kita gunakan memiliki manfaat dan khasiat lain. Pasta gigi bisa anda gunakan sebagai penghilang jerawat asalkan wajah anda tidak mengalami iritasi.

Cara penggunaannya cukup simple, pertama-tama bersihkan wajah anda terlebih dahulu. Lalu kemudian oleskan pasta gigi diatas permukaan wajah yang terserang jerawat sebelum tidur. Biarkan hingga mengering lalu bilas di pagi harinya.

Dengan menggunakan beberapa bahan alami yang sudah dijelaskan diatas, anda tidak perlu khawatir akan efek samping yang ditimbulkan. Selain nyaman, anda juga bisa mengobati jerawat anda tanpa perlu was-was akan dampak negatifnya.

Selain itu, bahan-bahan alami yang digunakan juga memiliki berbagai macam khasiat lain seperti menghaluskan permukaan wajah dan menghilangkan flek hitam.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Setelah mengetahui beberapa tips menghilangkan jerawat, alangkah baiknya jika kita juga mengetahui cara menghilangkan bekas yang ditinggalkan oleh jerawat. Seperti yang sudah dijlelaskan sebelumnya, jerawat aktif memiliki penanganan yang berbeda dengan jerawat pasif.

Oleh karenanya, kita juga harus tahu bagaimana caranya menghilangkan bekas jerawat tersebut. Pada sub ini kita akan coba membahas cara tersebut dengan menggunakan bahan alami. Entah itu bahan alami yang ada di pekarangan, halaman atau bahkan bahan-bahan dapur. Penasaran? Yuk mari kita simak penjelasan di bawah ini.

1. Lidah Buaya

Salah satu bahan alami yang mampu menghilangkan jerawat secara efektid adalah lidah buaya. Lidah buaya sendiri memiliki banyak manfat dan khasiat yang baik bagi kesehatan wajah, terutama ada masalah jerawat.

Cara penggunaannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa batang lidah buaya yang masih segar. Lalu kemudian bersihkan lidah buaya tersebut dengan air. Setelah itu, anda bisa memotong lidah buaya tersebut menjadi dua bagian (bisa juga dengan mengupas kulitnya).

Oleskan isi dari lidah buaya tersebut  keatas permukaan wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit lalu setelah itu bilas dengan air bersih. Terapkan langkah ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Jika anda cocok, anda bisa melakukan cara ini secara terus menerus.

2. Minyak Zaitun

Selain bisa digunakan sebagai bahan makanan, minyak zaitun juga ternyata bisa dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat yang kusam. Hal ini dikarenakan minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Jika anda ingin menghilangkan bekas jerawat menggunakan minyak zaitun, maka anda bisa menyimak beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Oleskan minyak zaitun ke seluruh permukaan wajah, lalu pijat lembut selama kurang lebih 5 menit.
  • Jika sudah, anda bisa membasuhnya dengan air hangat.
  • Lakukan perawatan ini setiap menjelang tidur malam secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Ampas Teh Hitam

Teh ternyata tidak hanya digunakan untuk sebagai bahan penyedap minuman. Akan tetapi ampas dari teh tersebut bisa kita gunakan untuk menghilangkan noda flek hitam yang disebabkan oleh bekas jerawat.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah anda dari kotoran terlebih dahulu.
  • Oleskan ampas teh hitam diatas permukaan wajah anda dengan lembut lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas dengan air bersih, lakukan perawatan ini 2 hingga 3 kali seminggu secara rutin.

4. Menggunakan Parutan Jagung

Parutan jagung juga ternyata sangat efektif untuk menghilangkan bekas jerawat yang ada pada wajah. Karena jagung sendiri memiliki kandungan Vitamin A dan C yang sangat baik bagi kesehatan wajah.

Untuk penggunaannya, anda bisa mengikuti beberapa langkah yang ada dibawah ini:

  • Carilah jagung muda, lalu bersihkan dari segala macam kotoran.
  • Parut jagung tersebut hingga halus, kemudia oleskan hasil parutan tadi ke atas permukaan wajah hingga kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan langkah ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Jus Timun

Timun memiliki manfaat dan khasiat untuk memperbaiki sel kulit dan menyembuhkan peradangan. Dengan demikian, sayuran ini sangat cocok jika kita gunakan sebagai media pembersih bekas jerawat.

Caranya sangat simpel, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Siapkan beberapa mentimun segar, lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu potong-potong dan masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan gula dan es batu agar terasa lebih segar.
  • Minum ramuan ini setiap hari secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

6. Putih Telur

Selain bisa digunakan sebagai bahan masakan, putih telur juga mampu menghilangkan noda yang ditinggalkan oleh jerawat. Selain praktis, telur ini juga mudah didapatkan dengan mudah.

Jika anda ingin mencoba untuk menggunakan bahan ini, maka langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Siapkan satu buti telur.
  • Pecahkan, lalu pisahkan antara kuning dan putih telurnya. Hanya putih telurnya saja yang kita pakai.
  • Oleskan putih telur tersebut ke atas permukaan wajah yang terkena jerawat.
  • Diamkan untuk beberapa menit, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Memanfaatkan Bengkoang

Selama ini kita tahu bahwasannya bengkoang memiliki berbagai manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan air yang ada di dalamnya, mampu mengangkat sel-sel kulit mati sehingga bahan ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai media pembersih noda jerawat.

Cara penggunaannya sangat sederhana, langkah yang harus dilakukan adalah:

  • Siapkan beberapa butir bengkoang lalu cuci hingga bersih.
  • Setelah itu parut dan usapkan hasil parutan tersebut ke atas permukaan kulit anda.
  • Diamkan sekitar 15 menit baru kemudian bilas hingga bersih.

Reply